Indonesia Kembali Terpilih Menjadi Anggota Komite Pramuka se-Asia Pasifik

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
1 replies

Indonesia terpilih sebagai salah satu anggota Komite Organisasi Pramuka se-Asia Pasifik atau Asia Pasific Regional (APR) Scout Committee periode 2015-2021. Ahmad Rusdi, wakil ketua Kwarnas Gerakan Pramuka bidang Hubungan Luar Negeri telah mendapat amanah tersebut untuk mewakili Indonesia pada APR Scout Committee peridoe 2015-2021. Lelaki yang sehari-hari menjabat sebagai Ketua Protokol Negara ini merupakan sosok pramuka sejati sejak kecil.

Komite Pramuka se-Asia Pasifik atau juga sering di sebut APR Scout Committee merupakan badan antar-organisasi kepramukaan di dalam sistem Organisasi Kepramukaan Dunia (World Scout Movement). Organisasi ini bertugas untuk memperkuat dan meningkatkan kegiatan kepramukaan di Asia Pasifik.

pramuka

”Saya sangat senang sekaligus bersyukur bisa tergabung di APR Scout Committee. Ini amanah yang tidak ringan, membawa nama baik Gerakan Pramuka, Bangsa dan Negara. I’ll do my best. Mohon doanya,” kata Rusdi Rabu (4/11).

Selain Indonesia, negara lain yang terpilih sebagai anggota komite adalah Korea Selatan (Simon Hang-Bock Rhee), India (Shri Baidas Ishwar Nagarale), Taiwan (Ie-Bin Lian), Singapura (Chay Hong Leng), dan Malidives (ahmed Ali Maniku). Penentuan anggota komite tersebut dilakukan dengan pemungutan suara yang dilakukan secara tertutup di Kimdaejung Convention Center, Gwangju. Sebanyak 150 suara dari 25 negara anggota APR Scout diperebutkan oleh 9 kandidat.

Adhyaksa Dault, ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonesia, menyambut positif amanah yang diberikan kepada pihak Indonesia. ”Terpilihnya kembali Indonesia sebagai anggota komite APR ini merupakan bukti nyata kepercayaan dunia internasional terhadap Gerakan Pramuka Indonesia dalam memajukan kepramukaan di kawasan Asia Pasifik,” kata Adhyaksa .

Pada hampir setiap periode kepengurusan APR Scout Committee, Gerakan Pramuka Indonesia selalu meletakkan wakilnya. Hal ini bisa dimaklumi mengingat Indonesia merupakan salah satu negara dengan anggota pramuka terbanyak di Asia Pasifik, bahkan Dunia.

”Sudah saya sampaikan kemarin. Saya yakin Kak Rusdi akan terpilih. Dan alhamdullilah beliau terpilih dengan suara terbanyak. Beliau ini pramuka sejati dan sosok profesional yang patut diteladani. Insyaallah punya peran besar di APR Scout Committee,” ujar Adhyaksa.

republika.co.id

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ