Mahasiswa UGM Kembangkan Jamur Penghambat Kanker

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Salah satu jenis kanker yang telah banyak memakan korban, khususnya perempuan adalah kanker payudara. Berbagai macam cara dan pendekatan telah diteliti untuk menemukan penyebab dan penyembuhnya. Seperti yang dilakukan oleh tiga mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) ini.

Jumlah kasus kanker yang terus menerus meningkat tersebut menggerakkan tiga mahasiswa Fakultas Farmasi UGM, Layung Sekar Sih Wikanthi, Lodyta Nawang Tika, dan Shofa An-nur untuk melakukan penelitian tentang kanker. Mereka berusaha menemukan cara untuk mencegah atau bahkan menghentikan penyebaran sel kanker payudara.

Jamur Tiram

Didukung oleh Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC) Fakultas Farmasi UGM, ketiga mahasiswa ini mengembangkan jamur tiram sebagai agen anti penyebaran sel kanker.

“Biasanya tingginya kasus kematian pada kanker payudara disebabkan karena terlambat penanganan, sehingga sel kanker telah menyebar ke jaringan lain,” tutur Layung, sebagaimana dikutip dari laman UGM, Jumat (2/10/2015).

Jamur tiram dipilih dikarenakan rasanya yang terbilang enak dan terbukti memiliki khasiat. “Selain enak, ternyata jamur tiram mempunyai khasiat sebagai anti kanker,” imbuhnya.

Layung mengungkapkan, pada fase metasis, sel kanker payudara dapat berpindah dari jaringan asalnya di payudara menuju jaringan tubuh yang lain. Disanalah peran jamur tiram, jamur ini setelah dilakukan penelitian dianggap mampu menghambat pertumbuhan yang terus-menerus dari sel kanker dan pembentukan pembuluh darah baru pada penyakit kanker.

Penelitian tersebut dilakukan selama empat bulan, dimulai dari pengambilan sampel jamur tiram, ekstraksi, pengujian aktivitas senyawa terhadap sel kanker payudara, penghambatan migrasi sel kanker, hingga tingginya jumlah protein penanda metastasis kanker payudara.

Hasil dari penelitian ini diharapkan dunia medis dapat memanfaatkan jamur tiram untuk pencegahan maupun pengobatan kasus kanker yang lebih efektif. “Kami berharap jamur tiram dapat dikembangkan menjadi produk yang lebih aplikatif dalam upaya pencegahan atau perawatan pasien kanker payudara,” harap Layung.

okezone.com

 
1 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ
suratnowahyu
suratnowahyu

terima kasih mas Bagus atas infonya yang sangat bermanfaat, saya langsung daftar nih