Aceh Kelebihan Pasokan Listrik

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

PT PLN (Persero) Wilayah Aceh saat sudah mengatakan bahwa Aceh sudah mencapai tahap swasembada listrik. Pasokan listrik yang dimiliki oleh PLN dianggap lebih dari cukup untuk memasok wilayah ujung barat Indonesia ini. Sehingga PLN berani menjamin ketersediaan pasokan listrik bagi usaha-usaha baru yang ingin membangun bisnis di Aceh.

“Investor tidak perlu khawatir lagi untuk menanamkan modalnya di Aceh. Kita sudah swasembada listrik, dengan demikian pasokan listrik tidak ada masalah lagi,” kata General Manager PLN Wilayah Aceh, Bob Saril MEng.Sc.

PLN aceh

Bob Saril menjelaskan, PT PLN tidak akan menghentikan pertumbuhan pembangkit, sehingga unitnya akan tetap terus membangun pembangkit listrik di daerah, seperti yang sedang dibangun di PLTA Peusangan dan PLTU Nagan Raya, maupun di Arun Lhokseumawe sekitar 185 MW, sehingga ke depan kelistrikan di Aceh semakin mandiri.

Putra Sumatera Selatan ini mengungkapkan, beban puncak listrik di Aceh saat ini mencapai angka 260 MW, sementara daya listrik yang mampu disuplai oleh PLN Aceh mencapai 350 MW lebih, sehingga terjadi surplus listrik. “Kelebihan inilah akan kita pasarkan untuk industri-industri baru di Aceh,” katanya.

Ia juga menyatakan akan mendatangi langsung para investor yang ingin masuk Aceh dan tak perlu khawatir PLN Aceh kekurangan daya. “Saya katakan bahwa pasokan listrik tidak ada masalah,” ujarnya.

Bob menyebutkan sudah ada rencana investor yang akan membangun pabrik baru di Kabupaten Pidie, yakni PT Semen Indonesia. Pabrik baru ini dikatakan membutuhkan daya listrik hingga 50 MW. Dirinya menyadari bahwa kelistrikan merupakan pilar utama yang harus dikembangkan untuk memajukan ekonomi suatu daerah, karena setiap investor yang ingin membangun industri, mutlak membutuhkan ketersediaan energi utamanya listrik.

“PLN Aceh ke depan akan membangun transmisi yang saling berhubungan mulai dari pantai barat selatan, timur utara dan kawasan tengah Aceh,” ujar Bob.

Tidak hanya tentang suplai listrik namun PT PLN Aceh juga akan terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.Bob mengaku bahwa meski pasokan berlebih, di Aceh masih saja terjadi pemadaman. Oleh karena itu dirinya berjuang untuk mengurangi angka pemadaman ini dan berusaha meningkatkan integritas PLN di mata masyarakat Aceh.

Selain itu PLN juta memberikan pelayanan untuk pelanggan besar dan pelanggan yang ingin menambah daya, sekarang tidak perlu lagi ganti meteran. PLN akan memberikan pilihan kepada pelanggan, apakah ingin tetap dengan meteran yang lama, atau ganti ke meteran prabayar. “Pilihan itu kita berikan untuk pelanggan besar, karena sekarang ini, Kwh meter yang kecil sudah diproduksi lagi oleh pabrikan, yang masih ada itu Kwh meter yang besar dan industri,” jelas Bob Saril.

tribunnews.com

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ