Inilah Motor Buatan Tangan Karya Anak Bangsa

Written by Akhyari Hananto Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Oleh : Krisna Wicaksono

Sejatinya Indonesia memiliki banyak sekali orang-orang yang kreatif yang bergerak di berbagai bidang. Salah satunya adalah Agus Sudariswanto, warga Yogyakarta yang gemar membuat motor modifikasi yang hasilnya cukup mengagumkan.

Dilansir dari situs Autoevolution Kamis 11 Desember 2014, Agus baru saja menyelesaikan proyek terbarunya yang diberi nama 30th Attempt. Ia memang tidak pernah memberi nama resmi pada motor yang ia garap, hanya dilabeli dengan nomor sesuai dengan jumlah percobaan yang telah ia lakukan.

Motor hasil percobaan ke-30 ini sudah mulai terlihat lebih rapi, setelah sebelumnya Agus belajar bagaimana caranya menggunakan alat las dengan baik dan benar. Semua motor yang ia kerjakan digarap dengan menggunakan alat-alat sederhana, bahkan ia dulu sempat menggunakan batang pohon untuk membuat lekukan pada rangka motor.

Tidak banyak detil yang diberikan pada motor edisi ke-30 ini. Yang tampak hanya masih digunakannya konsep klasik, dimana hampir tidak ada penutup bodi yang digunakan. Tangki bahan bakar dibuat sendiri dengan berpatokan pada desain tangki milik Harley-Davidson Forty-Eight, namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Joknya juga didesain minimalis, hanya berupa lempengan besi tipis yang dibalut busa dan pelapis jok berbahan kulit. Agar lebih nyaman, penyangga jok dibuat berbentuk ulir layaknya peredam kejut.

Yang unik dari motor ini adalah desain pipa kenalpotnya, dimana bentuknya hanya berupa pipa yang dibuat membentuk huruf L dengan hiasan grafir merek Darizt di sisi atasnya.

Untuk mesinnya, petunjuk hanya diberikan melalui tutup samping dimana tertulis CCW. Dari hasil pencarian di dunia maya, CCW adalah mesin buatan Tiongkok yang digunakan oleh rumah modifikasi motor Cleveland CycleWerks yang berbasis di Amerika Serikat.

Sumber: Viva.co.id

 

 
3 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ
nyoemhokgie
nyoemhokgie

@GNFI berarti ada tourism haram, min?

siekaputra
siekaputra

@GNFI untng uda kesini. dan perfecto tenan!