Eco Park Terluas di Dunia, dibangun di Batam

Written by Farah Fitriani Faruq Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

aqua-villa
Resor taman lingkungan (eco-park) terluas di dunia, Funtasy Island, sedang dibangun di wilayah perairan Batam dan hanya akan bisa diakses dengan menggunakan kapal feri dari Singapura, demikian menurut pengembang properti tersebut.

Kawasan seluas 328 hektare tersebut dilengkapi dengan vila lagoon yang menawarkan daya tarik ikan lumba-lumba, taman tematik dan klub pantai yang lokasinya berjarak 16 kilometer dari Singapura.

Sedangkan layanan feri dari Singapura ke resor tersebut hanya ditempuh dengan waktu 25 menit, menurut Funtasy Island Development (FID) sebagaimana dikutip channelnewsasia.com, Kamis (22 Oktober 2015).

Kawasan yang sebelumnya disebut Pulau Manis tersebut, yang merupakan sebuah klaster enam pulau kecil yang berada di utara Batam, dibeli oleh pengembang PT Batam Island Marina 20 tahun lalu. Sejak tahun 2010, FID telah menghabiskan 300 juta dolar Singapura untuk pengembangan resor tersebut.

Proyek itu akan diluncurkan pada akhir kuartal pertama tahun depan. Properti itu nantinya akan meliputi sebuah hotel resor yang dikembangkan atas bekerja sama dengan Louvre Hotels Group, menurut FID.

FID menyebutkan bahwa 70% dari wilayah pulau itu akan menjadi cagar alam. Sedangkan 30% lainnya akan dialokasikan untuk pembangunan 400 vila dan dua hotel.

Direktur FID, Michael Yong mengatakan bahwa sebelum pihaknya melaksanakan pembangunan, akan ditanam 4.000 pohon bakau mengitari pulau-pulau itu. Selain itu pihaknya juga memasang 200 pengaman karang bekerja sama dengan pemerintah setempat. “FID memiliki program dana konservasi untuk menanam satu karang di pulau itu bagi setiap pengujung, ujarnya.

Vila Funtasy Island dipasarkan seharga 750.000 dolar Singapura per unit, namun sekitar 85% dari properti itu telah terjual dan sebagian disewa, menurut FID. Saat ini pulau tersebut tidak dihuni penduduk, namun diperkirakan akan ditempati oleh 1.500 staf dan 3.000 pengunjung setelah berfungsi penuh pada tahun depan.

disadur dari TEMPO

Written by Farah Fitriani Faruq Member at GNFI

A happy wife full of spirit in making a better Indonesia. Besides posting good news article, she freelances as an english teacher, translator, and Japanese interpreter. the Batam based woman worked as a legal consultant before deciding to fully work from home. You can find her by her online nickname: @farafit.

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ