Anggota Pertubuhan Peladang Negeri Sembilan, Malaysia, mengujungi Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, untuk mempelajari sistem pertanian setempat.

"Kami melihat ada perbedaan cara bercocok tanam dari peladang di Negeri Sembilan dengan petani yang ada di Padang Panjang ini," kata pemimpin rombongan Pertubuhan Peladang Negeri Sembilan Datuk Ibrahim ketika berkunjung ke Padang Panjang, Selasa, 20 Oktober 2015.

Wali Kota Padang Panjang Hendri Arnis, pemimpin Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, serta Kepala Dinas Pertanian serta pejabat dari instansi terkait menjamu rombongan dari Negeri Sembilan yang terdiri atas 30 orang dan bertukar pengalaman soal pertanian.

"Kami di Negeri Sembilan bisa menghasilkan produktivitas padi sekali panen tiga sampai empat ton per hektare," katanya.

Namun hasil itu menurut dia masih jauh di bawah produktivitas lahan padi Padang Panjang yang mencapai lima sampai delapan ton per hektare.

"Kami butuh pengetahuan yang lebih dari sistem pertanian Padang Panjang ini," katanya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Panjang Candra mengatakan selama ini produksi padi Padang Panjang selalu surplus, melebihi kebutuhan masyarakat setempat, sehingga sebagian dijual ke luar daerah.

"Kami memiliki lahan pertanian sekitar 630 hektare, sebagian besar lahan organik yang bisa meningkatkan hasil pertanian," katanya.

Rombongan peladang dari Negeri Sembilan akan berada di Padang Panjang selama tiga hari untuk melihat langsung produksi pertanian, dan peternakan.

"Nanti kami akan ajak bapak-bapak langsung melihat lahan pertanian, produk perikanan dan peternakan yang ada di Padang Panjang ini," kata Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Padang Panjang, Soni Budaya Putra.

disadur dari TEMPO
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook
READ NEXT
BACK TO TOP
 Beberapa Rancangan Pesawat B.J Habibie yang Mendunia
Beberapa Rancangan Pesawat B.J Habibie yang Mendunia
 by Arif Sony Wibowo*B.J. Habibie seorang tokoh terkenal di Indonesia.  Beliau pernah menjabat sebagai presiden ketiga republik Indonesia. Jika dituliskan namanya secara lengkap berserta
Dengan Sistem Ini Pulau-pulau Kita Tak Akan Lagi "Dicuri" Negara Tetangga
Dengan Sistem Ini Pulau-pulau Kita Tak Akan Lagi "Dicuri" Negara Tetangga
Anugerah terbesar kepada negara kita dengan tiga perempat wilayahnya yang terdiri dari lautan, tentu saja menjadi sebuah kebanggan. Tak heran pemerintah melalui kebijakannya ingin menjadikan Indonesia
Ke Manado tanpa makan ini? Tak Lengkap
Ke Manado tanpa makan ini? Tak Lengkap
Siapa tak kenal nasi kuning? Saya mengenal nasi kuning sejak masih kecil, karena bagi masyarakat di Jawa seperti saya, makanan yang terbuat dari beras
Drama Musikal Indonesia Pukau Amerika Serikat
Drama Musikal Indonesia Pukau Amerika Serikat
Jumat (19/2/2016) malam, mahasiswa Indonesia di University of Tulsa (TU), Oklahoma, Amerika Serikat (Indonesian Students Association Tulsa / ISATU) menjadi sponsor resmi “International Night
Ini Dia Alat Deteksi Kematangan Durian Karya Mahasiswa Surabaya
Ini Dia Alat Deteksi Kematangan Durian Karya Mahasiswa Surabaya
Indonesia dikaruniai dengan kekayaan hasil alam yang luar biasa. Hampir mayoritas buah tropis dimliki oleh Indonesia, termasuk rajanya buah, Buah Durian. Di musim durian
5 Kuliner Unik di Jawa Timur
5 Kuliner Unik di Jawa Timur
Jawa Timur menyuguhkan bergama kuliner "maknyuss" dari makanan berat hingga kudapan ringan. Ragam kuliner tersebut tidak jarang memiliki keunikan nama, porsi, hingga cita rasa.