Indonesia Miliki PLTA terbesar di ASEAN

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
3 replies

Indonesia ternyata memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) terbesar se-Asia Tenggara. PLTA yang berada di Desa Cadas Sari, Kecamatan Tegal Waru, Purwakarta, Jawa Barat tersebut diberi nama PLTA Cirata yang memiliki kapasitas terpasang hingga 1.008 megawatt (MW).

PLTA Cirata

Pembangkit yang dikelola oleh PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) Unit Pembangkitan Cirata ini memiliki delapan unit generator dengan masing-masing kapasitas 126 MW. Ia mengatakan, pembangkit ini pertama kali dioperasikan pada 1988.

“Pembangkit ini memanfaatkan tenaga air dari aliran sungai Citarum. yang dikenal subur, bergunung-gunung dan dianugerahi curah hujan yang tinggi,” kata Supervisor Senior Manajemen Mutu Risiko dan Kepatuhan PJB Unit Pembangkitan Cirata, Iwan Ridwan..

Menurut dia, sungai Citarum yang tak pernah kering sepanjang tahun menjadi alasan dibangunnya waduk Cirata seluas 62 kilometer. Waduk itu memiliki elevasi muka air banjir 223 meter, elevasi muka air normal 220 meter, dan elevasi muka air rendah 205 meter. “Volume air waduk 2.165 juta meter dan isi efektif waduk 796 juta meter,” sambungnya.

Ia menambahkan, pembangunan PLTA ini dibiayai oleh APBN, Non APBN, dana PLN serta mendapat bantuan dari pinjaman luar negeri. Bendungan utama PLTA Cirata diresmikan oleh oleh Presiden Soeharto pada 6 Mei 1986.

Muhammad Nursyamsyi / Republika

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ