Keindahan Bunga Ini Membuatnya menjadi Maskot Provinsi Kalimantan Timur

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Tidak pernah bosan rasanya bila kita terus membicarakan tentang kekayaan biodiversitas alam Indonesia, khususnya tentang flora. Indonesia yang dianugerahi dengan hutan hutan tropis diberbagai tempat memberikan banyak sekali kekayaan jenis flora yang tidak hanya indah namun juga unik seperti Anggrek Hitam.

Anggrek hitam (Coelogyne pandurata), sebagaimana namanya anggrek ini memiliki bunga yang dominan warna hitam. Dalam bahasa Inggris anggrek ini disebut sebagai “Black Orchid”.

Bunga ini disebut sebagai Anggrek hitam karena memiliki warna lidah (labellum) yang hitam dengan garis-garis berwarna hijau. Seperti umumnya anggrek, bunga ini juga memiliki sekitar 1 hingga 14 kuntum. Garis tengah tiap bunga sekitar 10 cm. Daun Kelopak berbentuk lanset, melancip, berwama hijau muda dengan panjang 5 – 6 cm dan lebar 2 -3 cm. Daun mahkota berbentuk lanset melancip berwarna hijau muda menyerupai biola, tengah-tengahnya terdapat 1 alur, pinggirnya mengeriting, berwama hitam kelam atau coklat tua.

Anggrek Hitam

Warna hitam pada lidah bunga Anggrek Hitam adalah pembawa sifat hitam yang dianggap langka, warna hitam ini dapat menjadi sumber pembawa sifat warna hitam yang di butuhkan oleh para ahli tanaman untuk menghasilkan jenis persilangan corak warna bunga baru.

Seperti anggrek lainnya Anggrek Hitam tumbuh menumpang pada tumbuhan lain (epifit). Jenis anggrek yang langka ini sering di temui di dataran rendah pada pohon-pohon tua, di dekat pantai atau di daerah rawa dataran rendah yang cukup panas dan dekat sungai-sungai di hutan basah. Musim berbunga Anggrek Hitam biasanya terjadi pada akhir tahun antara bulan Oktober sampai Desember. Ketika musim bunga, terdapat ratusan kuntum bunga yang bisa kita temui di sana. Di Indonesia, Anggrek hitam banyak dijumpai di kawasan Cagar Alam Padang Luway yang merupakan habitat asli jenis flora tersebut.

Meski wangi anggrek ini tidak jauh berbeda dari Anggrek lainnya, Anggrek eksotis tetap memiliki nilai prestis dikalangan para pecinta bunga anggrek di Indonesia. Selain itu menurut kepercayaan masyarakat setempat, anggrek hitam memiliki kekuatan mistis. Masyarakat Dayak sangat menghormati anggrek hitam, mencuri atau merusaknya berarti merupakan pelanggaran terhadap hukum adat.

Selain karena dijadikan maskot oleh Provinsi Kalimantan Timur, populasi Anggrek Hitam di alam liar yang sangat sedikit membuat Anggrek yang termasuk dalam genus Coelogyne ini digolonkan sebagai salah satu spesies anggrek yang dilindungi di Indonesia.

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ