Uniknya Merayakan Hari Batik dengan Berlari Mengenakan Batik

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Batik Indonesia secara resmi telah dinobatkan sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO sejak tahun 2009 lalu. Sejak saat itulah pada tanggal 2 Oktober selalu diperingati sebagai hari batik Nasional. Acara-acara dan kreatifitas untuk mendukung batik Indonesia pun bermunculan, tidak terkecuali dari kalangan komunitas olahraga seperti Indo Runners.

Dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini, 2 Oktober 2015, komunitas lari nasional Indo Runners mengusung tema spesial yakni berlari mengenakan batik. Lari dengan memakai baju batik ini dilakukan saat kegiatan mingguan mereka yakni Thursday Night Run.

Batik Run

Indo Runners Batik Run. (Foto:Putu Radar B. / Metrotvnews.com)

“Ini adalah salah satu upaya kita untuk mengapresiasi keberadaan batik yang juga sudah disahkan UNESCO sebagai warisan budaya,” ujar Yomi Wardhana co-Founder Indo Runners saat ditemui di fX Plaza, Jakarta Pusat, Kamis (1/10/2015) makam.

Acara yang diberi nama “Batik Run” ini juga tidak hanya diadakan di Jakarta, namun juga di beberapa kota besar di Indonesia.

“Acara ini enggak hanya diadain di Jakarta aja, tapi juga di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung, Makassar, Surabaya, dan beberapa kota lainnya,” tutur Yomi Wardhana.

Dalam acara ini, peserta berlari menggunakan berbagai macam atribut yang memiliki unsur batik, baik itu berbentuk kaos, kemeja, kain atau aksesoris. Menurut Djuanita Agung, salah satu peserta Batik Run, acara ini bisa menjadi suatu sumbangsih untuk keberadaan batik Indonesia.

“Yang membuat saya mau mengikuti kegiatan ini adalah karena selain saya bangga menjadi orang Indonesia, juga menjadi salah satu sumbangsih yang saya lakukan untuk batik Indonesia,” tuturnya.

Meski mengenakan kain batik, Djuanita mengaku tidak kesulitan berlari. Ia pun berharap melalui acara ini, lari bisa memicu lahirnya aksesoris lari dengan motif batik. “Untungnya tidak ribet pakai kain batik untuk lari, kainnya juga fleksibel, jadi dibawa fun aja,” ujarnya.

Indo Runners sendiri adalah komunitas lari yang sudah berdiri sejak 2009. Beberapa program rutin yang sering diadakan adalah Sunday Morning Run, Thursday Night Run, Saturday Zoo Run, dan Trail Run.

Ya siapa tahu nanti akan ada produk olahraga lari yang bermotif batik ya. Terima Kasih Indo Runner.

metrotvnews.com

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ