5 Pohon Ajaib yang hanya ada di Indonesia

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki sedikit daratan, nyatanya tetap menjadi negara dengan kekayaan flora yang tidak ada habisnya. Termasuk pohon-pohon yang tumbuh secara tidak umum, yang mungkin bagi kita terlihat mustahil untuk bisa terjadi. Beberapa pohon ‘ajaib’ tersebut adalah dibawah ini:

1. Pohon di atap Tongkonan

1. Atap Tongkonan

Pohon besar sejenis beringin ini tumbuh di atas atap rumah adat Toraja (Tongkonan). Pohon besar ini ternyata akarnya tidak mencapai tanah. Akarnya hanya merambat di segala sisi atap. Pohon di atap Tongkonan ini dibiarkan tumbuh sehingga membuat bangunan tongkonan menjadi unik. Pohon ini ada di dusun Pao, Lembang Nenggala, Toraja Utara.

2. Pohon Lanang Wadon

2. pohonlanang-wadon

Pohon ini terlihat memiliki ‘organ’ yang lain dari biasanya. Pada batang utamanya terdapat bentuk yang menyerupai dua kelamin yaitu kelamin Lelaki dan Perempuan. Bagian bawah pohon itu berlubang sehingga menyerupai alat kelamin perempuan, sedangkan di tengah lubang tersebut tumbuh batang yang mengarah ke bawah yang terlihat seperti alat kelamin pria. Pohon ini diberi nama pohon Lanang Wadon yang berarti Laki Perempuan. Pohon ini terdapat di hutan Sangeh, Kabupaten Badung, Bali.

3. Jembatan Akar Bayang

3. akar bayang

Di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terdapat pohon unik yang menjadi satu dengan sebuah jembatan. Bahkan jembatan itu adalah bagian dari pohon itu sendiri sebab akar pohon ini dirajut menjadi sebuah konstruksi Jembatan, yang diberi nama Jembatan Akar Bayang. Jembatan akar ini dirajut dari akar pohon yang tumbuh di kedua sisi sungai. Jembatan ini merupakan Jembatan alami yang hidup dan terus tumbuh dan telah menghabiskan puluhan tahun sebelum membentuk sebuah jembatan yang dapat dilewati oleh warga.

4. Pohon Bolong

4. Bunut Bolong

Bila kita mengira pohon besar dengan bagian bawahnya berlubang dan dapat dilewati berbagai macam kendaraan bermotor hanya ada di Taman Nasional California. Ternyata Indonesia juga memilikinya, tepatnya di Desa Manggisari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali. Pohon ini dikenal dengan nama Bunut Bolong ini sangat unik karena tengahnya berlubang dan ada jalan yang bisa dilalui kendaraan. Tidak sedikit kemudian wisatawan yang datang ke Jembrana menyempatkan hanya untuk berpose dengan pohon ini.

5. Pohon diatas Tebing

5. Pohon-Tebing-yang-Terkurang

Terdapat sebuah pohon yang menyendiri tumbuh di sebuah tebing terjal. Mungkin kita akan mengira-ngira bagaimana pohon tersebut dapat tumbuh diatas sana. Pohon yang tumbuh di puncak tertinggi tebing ini membuat pemandangan sekitarnya semakin indah. Tebing yang ini dikenal dengan nama Tabiang Takuruang ini berada di Ngarai Sianok, Sumatera Barat.

 
1 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ
RismaTM
RismaTM

@dewantoro_p ayo jalan, aku laper -.-