Empat Pelajar SMA Harumkan Indonesia di Brazil

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Pelajar Indonesia kembali tampil gemilang di ajang internasional. Kali ini empat pelajar Indonesia meraih medali di Olimpiade Internasional Kebumian atau International Earth Science Olympiad (IESO) di Pocos de Caldas, Brazil, yang berlangsung 13-20 September 2015.

Para anak bangsa ini menempatkan Indonesia menjadi juara umum ke-3 dengan menyumbang empat medali sekaligus. Satu medali emas, dua medali perak dan satu medali perunggu.

IESO 2015

“Ini prestasi yang sangat membanggakan, dan sangat luar biasa di ajang olimpiade yang bergengsi di Brazil,” tutur Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas (SMA) Kemendikbud Purwadi Sutanto di Kantornya, Jakarta (23/9) Rabu

Untuk medali emas diraih Abdel Hafiz dari SMA Negeri 1 Padang Sumatera Barat, Jason Hartanto dari SMA Negeri 1 Sidoarjo Jawa Timur meraih medali perak, Nanda Adi Kurniawan dari SMA Negeri 3 Malang Jawa Timur meraih medali perak, dan Ryan Setyabudi dari SMA Negeri 2 Purwokerto Jawa Tengah meraih medali perunggu.

“Para juara ini akan mendapatkan apresiasi dari pemerintah dalam bentuk beasiswa. Peraih emas akan diberi beasiswa sampai dengan program S3, peraih medali perak akan mendapatkan beasiswa sampai dengan S2, dan peraih perunggu akan mendapatkan beasiswa sampai S1,” jelas Purwadi.

Kata Purwadi, yang diuji di olimpiade tes teori dan praktek. Tes teori dilakukan tanpa pengelompokan soal berdasarkan bidang, tetapi dicampur secara acak dengan total soal sebanyak 67.

Materi ujian meliputi bidang Geologi dan Geofisika, Meteorologi, Oceanografi dan Hidrologi serta Astronomi. Pengelompokan soal per bidang dilakukan pada tes praktek, yang terbagi atas 5 kelompok yakni tes hidrologi, meteorologi, geofisika, geologi dan astronomi.

jawapos.com

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ