Penamaan Cabai Terpedas yang di Jual di Inggris ini terinspirasi dari Indonesia

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Bagi masyarakat Indonesia makanan yang pedas umumnya adalah sesuatu yang biasa. Bahkan beberapa orang menu sambal atau cabai adalah sajian yang wajib dihidangkan di meja makan. Tingkatan pedasnya pun sering tidak main-main, tetapi tetap saja santap makan terus berlanjut. Lalu bagaimana bila yang disajikan adalah jenis cabai terpedas di dunia? Beranikah anda mencobanya? Jika merasa tertantang, ada baiknya anda mencoba cabai yang satu ini. Cabai Komodo Dragon.

Cabai ini penamaannya terinspirasi dari hewan endemik asli Indonesia, komodo. Cabai berukuran rata-rata sebesar jempol tangan orang dewasa ini dijual di Inggris Raya oleh perusahaan ritel sembako bernama Tesco. Tesco belum lama ini merilis produk baru berupa cabai yang diklaim menjadi yang terpedas di Inggris Raya. Cabai ini diberi julukan sebagai Komodo Dragon. Cabai tersebut memiliki peringkat kepedasan mencapai 1,4 juta unit Scoville.

Cabai Komodo Dragon

Meski bukan yang terpedas namun melihat namanya saja mungkin kita akan terbayang hewan komodo yang buas dan ganas. Tapi apa jadinya bila sebuah cabai menyerupai ‘kepedasan’ komodo itu?

Seperti di kutip dari CNN Indonesia salah seorang pembeli cabai Komodo Dragon ini Eleanor Mansel, mengatakan bahwa rasa cabai ini sangat menonjol. Bahkan cabai ini bisa dikatakannya bisa menciptakan reaksi tunda yang bisa membuat tertipu dalam rasa aman yang palsu.

Ternyata saat cabai tersebut Anda santap, Anda akan merasa kalau cabai itu punya rasa buah yang sedikit panas. Namun 10 detik kemudian, lidah Anda bakal langsung terbakar seketika karena rasa pedasnya. Cabai ini mirip seperti setan kecil yang bisa membuat lidah Anda terbakar.

Perlu diketahui, bahwa cabai Komodo Dragon ini menempati peringkat kedua jenis cabai terpedas di dunia. Tingkat kepedasan sebuah cabai dinilai menggunakan skala scoville kemudian diperingkat menurut skala pedasnya. Cabai terpedas di dunia adalah jenis Carolina Reaper yang memiliki tingkat pedas berjumlah 1,6 juta sampai dengan 2,2 juta Scoville. Meski dari spesies yang sama Capcisum Chinense, ternyata Carolina Reaper dengan Cabai Komodo Dragon memiliki tingkat kepedasan yang berbeda.

Cabai Komodo Dragon

Sebagai perbandingan bila di Indonesia terdapat cabai rawit yang sudah terkenal pedas, Cabai Komodo Dragon memiliki tingkat kepedasan 8 kali sampai dengan 20 kali lipat dari cabai rawit atau yang dikenal sebagai Bird’s Eye Chili. Tingkat pedas yang tergolong luar biasa ini bahkan membuat Tesco harus memberikan label peringatan agar tidak menyentuhnya dengan tangan telanjang. Sebab cabai Komodo Dragon dianggap dapat memberikan sensasi terbakar pada tangan.

Saat ini Komodo Dragon adalah cabai paling pedas yang dijual di pasaran Inggris. Biasanya cabai yang berwarna jingga kemerahan ini dijadikan campuran untuk kari, makanan Mexico dan pizza.

 
2 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ
melatiayu12
melatiayu12

@GNFI iyah... kayaknya ini bukan goodnews\U0001f623

Joanez
Joanez

@GNFI kayaknya ini bukan goodnews deh.