Juara Animasi se-Asia

Written by Akhyari Hananto Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Mahasiswa Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Kali ini, tiga mahasiswa Universitas Tarumanagara (Untar) berhasil menjadi juara kategori Best Creative pada Asiagraph Reallusion Award 2015 di Yuan Ze University, Tai Pei, Taiwan.
 

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Sandi, Regina, dan Cindy. Mereka merupakan mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Untar. Atas kemenangannya, mereka berhak membawa pulang hadiah senilai USD10 ribu.

“Ajang ini sebagai salah satu bentuk menghadapi globalisasi, dengan membuat langkah-langkah bekerja secara internasional,” ujar Rektor Untar, Roesdiman Soegiarso, Kamis (3/9/2015).

Melalui film berjudul “Self Image“, tim bernama “Terima Kasih Production” tersebut mampu mengalahkan tim lain dari Thailand, Singapura, Taiwan, China, Malaysia, Korea Selatan, Hongkong, Australia, dan Jepang. Bahkan, film animasi berdurasi tiga menit itu berhasil mengalahkan salah satu lawan tangguh dari Jepang yang merupakan bimbingan computer graphic director film Ultraman, Kenji Watanabe.

“Pada kompetisi itu mereka (peserta) hanya diberi waktu 48 jam untuk membuat suatu karya animasi dengan tema Filosofi Taiwan,” tutur dosen pembimbing tim, Sonny Adi Purnomo.

Dalam ajang tersebut, Tim DKV Untar berhasil mewakili Indonesia bersama satu perguruan tinggi lainnya. Namun, dari 19 tim yang lolos, akhirnya perwakilan Untar yang menjadi pemenang.

“Semoga ke depan makin banyak mahasiswa yang bekerja di industri kreatif, seperti menjadi animator-animator internasional yang hebat,” pungkas Ketua Jurusan DKV Untar, Toto M Mukmin.

(rfa)

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ