Pulau dengan Populasi terpadat di Dunia ada di Nusa Tenggara Timur

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Membicarakan tentang pulau terpadat di Indonesia mungkin kita akan terpikirkan tentang Pulau Jawa. Memang secara reputasi Pulau Jawa lebih dikenal sebagai pulau terpadat namun siapa sangka ternyata Indonesia saat ini memiliki pulau dengan penduduk terpadat di dunia, yaitu di Pulau Bungin. Pulau ini memiliki julukan sebagai pulau terdapat di dunia ini nyaris tidak ada lahan kosong, seluruh daratannya dipenuhi rumah-rumah penduduk.

Kepadatan penduduk pula membuat Pulau Bungin tidak memiliki garis pantai, karena pesisir pulaunya seluruhnya suda dibangun menjadi tempat tinggal. Pulau ini memiliki luas 8,5 hektar dengan jumlah penduduk 3.400 jiwa. Artinya Pulau ini memiliki kepadatan penduduk sebesar empat orang setiap 100 meter persegi.

Pulau Bungin

Warga yang ingin mendirikan rumah baru harus mereklamasi pulau dengan menguruk lautan dengan karang. Diperkirakan rata-rata, setiap tahunnya, bertambah 100 buah rumah baru di Pulau Bungin. Sehingga semakin bertambahnya rumah, ukuran Pulau Bungin akibatnya semakin bertambah luas.

bungin

Masyarakat Bungin mayoritas adalah keturunan Suku Bajo, dari Sulawesi. Mereka dikenal sebagai suku pengembara laut dan penyelam ulung. Sejak bayi, anak-anak Bungin sudah dikenalkan pada dunia bahari melalui Upacara Toyah. Ritual ini dilakukan dengan tujuh perempuan memangku bayi secara bergantian sembari duduk diatas ayunan. Ayunan diibaratkan sebagai ombak lautan yang akan dihadapi sang anak saat besar nanti ketika menjadi berada di laut. Ritual ini juga menjadi upaya memanjatkan doa untuk si bayi agar selalu diberikan keselamatan selama melaut kelak.

Penduduk Bungin tidak banyak yang memiliki tradisi untuk merantau. Sebab mereka lebih memilih untuk menikah dan tinggal di Bungin. Inilah yang kemudian membuat Pulau Bungin semakin kehabisan lahan dan semakin padat. Satu-satunya lahan terbuka yang luas di Bungin adalah halaman Masjid setempat.

Pulau Bungin terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa atau sekitar 70 kilometer dari Sumbawa Besar, kabupaten Sumbawa. Transportasi ke Pulau Bungin bisa ditempuh dalam waktu sekitar enam sampai delapan jam perjalanan menggunakan kendaraan termasuk kapal penyeberangan dari Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur ke Poto Tano, Sumbawa.

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ