Bandara di Kalimantan ini Melejit Jadi Terbaik 16 Dunia

Written by Akhyari Hananto Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
12 replies

Airport Council International (ACI) yang berpusat di Montreal, Kanada, melakukan penilaian atas 254 bandara dari seluruh dunia. Bandara Sepinggan yang bernama resmi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan dengan akronim penanda BPN, dinilai dalam bandara berkapasitas lima hingga 15 juta penumpang per tahun. Adapun kategori lain adalah bandara berkapasitas sampai lima juta penumpang per tahun, 15-25 juta penumpang per tahun, 25-40 juta penumpang per tahun, dan lebih dari 40 juta penumpang per tahun.

Bandara SAMS Sepinggan berkompetisi dengan 79 bandara di seluruh dunia yang berkategori jumlah penumpang lima juta hingga 15 juta orang per tahun. Di kelas lima sampai 15 juta penumpang itu, Bandara Sepinggan adalah yang terbaik layanannya di Asia, termasuk Asia Tenggara. Sepinggan lebih ramah dan lebih bersih dari pada Bandara Penang di Malaysia atau Bandara Chiang Mai, Thailand, Bandara Bengaluru, India, atau bahkan Bandara San Antonio di Texas, Nevada, Amerika Serikat.

Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan menempati posisi 16 terbaik dunia berdasarkan hasil survei 2014. Bandara terbaik di kategori atau kelas ini adalah Bandara Haikou Meilan, Cina. Sedangkan Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar mendapat urutan ke-38 dan peringkat ke-121 di daftar kesuluruhan.

Selain menempati urutan ke-16 dunia. Bandara SAMS Sepinggan kini berada di urutan ke-43 dalam urutan total 254 bandara dari seluruh kategori. Pada tahun 2012, Bandara Sepinggan berada di peringkat ke-221 dan di 2014 di urutan ke-191. Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga sukses masuk posisi 12 di tingkat Asia, dan urutan nomor 1 bandara terbaik di Asia Tenggara untuk kategori yang sama.

Aspek yang disurvei atau dinilai sebagai parameter lebih fokus pada kualitas layanan. Proses mulai dari penumpang dari tiba di bandara, mengambil troli, masuk ke gedung terminal, nyaman atau tidak area terminalnya, informasi penerbangan jelas atau tidak, layanan check in, area komersial, proses di security check point (SCP), ruang tunggu hingga garbarata. Parameter lainnya termasuk unsur kenyamanan, kesejukan, kebersihan, fasilitas, juga layanan internet wi-fi.

Hingga 2015, penumpang dari dan ke Bandara SAMS Sepinggan tercatat sebanyak 7,6 juta per tahun. Angka ini lebih meningkat dibanding tahun 2013 yang hanya 7,2 juta penumpang per tahun. Itu sebabnya, masuk dalam kategori bandara berpenumpang 5 juta -15 juta orang.?

Manajemen Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan menargetkan masuk 10 besar pada 2016 dalam kategori bandara berkapasitas lima sampai 15 juta penumpang per tahun.

——-
Written and edited by Emir Edlyn/Exotic Kaltim
Source:
http://kaltim.tribunnews.com
http://www.beritasatu.com

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ