Kostum superhero buatan Indonesia yang diminati sampai Mancanegara

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Berangkat dari hobinya bermain cosplay Alam Hazmi Alkarami (20) perlahan membuat kostum dan akhirnya mendapat penghasilan dari hobinya itu. Kreasi kostum mahasiswa semester lima Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB) itu ternyata diminati di Indonesia bahkan hingga Perancis.

“Saya kan jualan kostum, ada yang mesan saya buat dan jual. Kreasi kostum buatan Indonesia ternyata juga diminati hingga mancanegara,” ujar Alam di sela penyelenggaraan acara cosplay di Jakarta beberapa waktu lalu.

Kostum

Menurut Alam, harga murah menjadi alasan diminatinya kreasi kostum pahlawan super bergaya Jepang yang diproduksi di Indonesia. Mereka senang memesan ke Indonesia karena harganya murah.

Alam yang juga dikenal dengan panggilan “Daniel Kaito” itu mengatakan, untuk pasaran dalam negeri, satu kostum pahlawan super bisa dibanderol dari harga Rp 2,2 juta sampai 2,7 juta. Sementara untuk pasaran luar negeri, harganya mulai dari sekitar 300 dolar.

“Di Indonesia buka harga dari Rp 2,2 hingga 2,7 juta. Sementara kalau untuk orang luar sekitar 300 dolar,” kata dia.

Bersama empat rekannya dibawah label Strike Project, Alam mengerjakan semua kostum pesanan yang diminta pelanggan sejak tahun 2013.

“Saya punya tim, beranggotakan lima orang. Masing-masing mempunyai tugas, ada yang membuat pola, memotong, mengecat dan sebagainya. Nama perusahaannya Strike Project. Mulai usaha sejak 2013,” jelas Alam.

Rupanya alam juga memiliki ambisi untuk memajukan dunia superhero di Indonesia. Menurutnya, saat ini meskipun sudah bermunculan superhero dari Indonesia, namun gaya desainnya belum mencerminkan bentuk khas Indonesia.

“Selama ini superhero yang ada, sudah bagus tetapi desainnya bukan asli Indonesia. Masih terlihat sangat Jepang. Kita kan main di ornamen, Ornamen Jawa, Sulawesi, Sunda. Sangat banyak yang bisa dieksplor,” pungkasnya.

suarakarya.id

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ