Dr. Surya Darma penerima Penghargaan Teknologi Energi terbarukan dari Selandia Baru

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Merayakan 40 tahun hubungan diplomatiknya dengan ASEAN, Pemerintah Selandia Baru (NZ) memberikan penghargaan kepada 40 tokoh ASEAN yang berkontribusi mempromosikan hubungan diplomatik tersebut. Tujuh di antaranya berasal dari Indonesia.

Dr. Surya Darma merupakan satu dari tujuh orang yang menerima penghargaan atas perannya yang luas dalam pengembangan sektor energi terbarukan yang selama ini menjadi salah satu dari 4 sektor andalan dalam hubungan Selandia Baru dan Indonesia.

surya darma

Dr. Surya Darma dengan Indradi Soemardjan, dua dari 7 tokoh penerima penghargaan (Foto: radioaustralia.net.au)

Dr. Surya Darma yang alumni ITB ini melanjutkan studi masternya di Universitas Auckland, untuk mendalami teknologi pemanfaatan energi panas bumi (geothermal) pada tahun 1989 -1990.

Menurutnya Selandia Baru memiliki peran yang besar dalam mendukung pengembangan sektor energi terbarukan di Indonesia.

“Tahun 1973, Indonesia mengalami krisis energi akibat meroketnya harga minyak dunia. Oleh karena itu Indonesia berusaha mencari sumber energi alternatif dan ketika itu diprioritaskan untuk mengembangkan teknologi geothermal,” katanya.

“Selandia Baru telah mengambil langkah kepemimpinan dalam pengembangan teknologi geothermal di Indonesia. Salah satu buktinya adalah pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Kamojang pada tahun 1970-an yang sejak awal pembangunannya mendapat pengawalan dari pakar geothermal dari Selandia Baru,” jelas Surya

Dr. Surya Dharma, mengatakan bahwa Selandia Baru juga telah menciptakan sistem yang komplit dalam membantu Indonesia mengembangkan sektor energi terbarukan.

“Pemerintah Selandia Baru tidak cuma memberikan banyak beasiswa bagi pemuda Indonesia untuk belajar mengenai teknologi geothermal, tapi juga telah melakukan transfer of knowledge dan juga transfer teknologi serta tak terkecuali investasi di sektor ini,” jelasnya.

Untuk lebih memperkuat kerjasama di bidang energi terbarukan ini, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Selandia Baru telah meneken sebuah kesepakatan yang difokuskan untuk meningkatkan kerjasama pengembangan energi panas bumi dan selama lima tahun mendatang akan meningkatkan kapasitas SDM Indonesia mengenai energi panas bumi dan energi terbarukan.

radioaustralia.net.au

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ