Luar Biasa! Indonesian Street Festival Perdana di New York, Amerika Serikat

Written by Indah Gilang Pusparani Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
2 replies

Indonesian Street Festival untuk pertama kalinya dilaksanakan pada Sabtu, 22 Agustus 2015 dengan menutup 68th Street di mana Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York berada. Festival ini merupakan puncak dari rangkaian peringatan HUT RI ke-70 di kota New York, Amerika Serikat.

Dengan mengambil tema “Journey to Indonesia”, tidak kurang 2.000 pengunjung silih berganti menikmati berbagai acara dan penampilan seni dan budaya dari Sabang sampai Merauke acara yang diselenggarakan KJRI New York.

Dimulai dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya, berbagai tarian nusantara seperti Saman, tari Tor-tor, Giring-giring, Pakarena, gamelan Jawa serta fashion show aneka busana nusantara menyedot perhatian pengunjung. Guna memberika edukasi bagi pengunjung tentang budaya Indonesia, disediakan pula berbagai workshop membatik, Bahasa Indonesia, kaligrafi Jawa, serta face painting bagi anak-anak. Aneka kuliner nusantara dari berbagai pulau dijajakan, antara lain nasi rawon, lalampa, ayam taliwang, nasi kapau, rendang, rujak cingur, serta berbagai jajanan pasar, seperti lemper, lapis Surabaya, es cendol, pempek, dodol, wajik, asinan Betawi, dan lain-lain.

KJRI New York mendapat dukungan penuh dari berbagai komponen ormas Indonesia di New York dan sekitarnya, seperti Perwakrin, Nusantara Foundation, Diaspora (IDN Tri State/New York-Jersey-Connecticut) dan mahasiswa (PERMIAS). Untuk meramaikan acara, Garuda Indonesia New York turut menjadi sponsor dengan menyediakan 10 tiket ke seluruh dunia dengan Garuda Indonesia melalui penarikan undian dan kuis.

Semangat perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan menjadi inspirasi pelaksanaan Indonesian Street Festival dan mematahkan mitos sulitnya penyelenggaraan street festival sejak 64 tahun KJRI New York berdiri. Merdeka!

sumber: Konsulat Jenderal Republik Indonesia New York

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ