Pesona Bedug Terbesar di Dunia, dari Purworejo

Written by Akhyari Hananto Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Purworejo merupakan salah satu kabupaten yang ada di Propinsi Jawa Tengah. Ciri khas yang biasa terdapat pada alun-alun sebuah kabupaten/kota yang ada di Indonesia adalah adanya sebuah Masjid Agung ataupun Masjid Raya. Di kabupaten Purworejo terdapat sebuah Masjid Agung bernama Darul Muttaqin, yang berdiri diatas tanah wakaf seluas 9.000 m2 dengan luas bangunan dan serambi masjid sekitar 1.050 m2.

 

Arsitektur bangunan Masjid Agung Purworejo meniru bentuk Masjid Agung Keraton Surakarta. Masjid Agung yang berada di Jalan Mayjen Sutoyo, Kelurahan Sindurejan, Kecamatan Purworejo dan letaknya bersebelahan dengan KUA Kecamatan Purworejo ini dibangun pada tahun 1834 M. Setelah beberapa kali mengalami renovasi, saat ini bangunan dan serambi masjid memiliki daya tampung sebanyak 2.000 orang.

 

Masjid ini memiliki berbagai fasilitas yang membuat nyaman umat muslim yang beribadahdi rumah Allah tersebut, diantaranya adalah tempat parkir yang luas, papan informasi masjid, tempat wudhu, serta toilet yang bersih.

Salah satu yang menjadi daya tarik masjid adalah adanya sebuah bedug yang diyakini merupakan bedug terbesar di dunia, dibuat sekitar tahun 1834 M dari bongkot/pangkal pohon jati bercabang lima (pendowo) dengan diameterdepan194cm, diameter belakang 180 cm, panjang 292 cmyang berasal dari Dusun Pendowo, Desa Bragolan, Kecamatan Purwodadi, menjadikan masjid ini tidak sepi dari pengunjung yang terlihat terus berdatangan setiap waktu, baik untuk beribadah maupun sekedar melihat bedug terbesar di dunia yang menjadi warisan budaya Islam dan mengagumkan banyak orang.(imam/foto: bimasislam)

http://bimasislam.kemenag.go.id/

 
2 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ
GNFI
GNFI

Nenek Moyang Kita…Berlayar Hingga Madagaskar. bit.ly/1MPoHry pic.twitter.com/rld0nutdrx