Ratusan Yacht dari berbagai negara akan datang ke Indonesia

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Rangkaian acara dari Sail Tomini, Festival Boalemo akan dimulai pada 9-14 September mendatang di Pantai Bolihutuo, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Festival yang akan menggelar berbagai perlombaan seperti Festival Layang-Layang, Pemilihan Nou dan Uti (Duta Wisata Tahun 2015), Festival Kuliner, Lomba Bahari (Lomba Jetski, Perahu Dayung dan Selam), dan Gelar Budaya Multi Etnis ini ternyata juga dimeriahkan dengan Yacht Rally (adu kapal layar). Tentu saja hal ini akan mengundang banyak sekali pecinta Yacth dari berbagai negara di dunia berdatangan ke Indonesia. Beberapa negara yang diperkirakan akan hadir diantaranya Australia, Prancis, Austria, Belanda, Inggris, Selandia Baru, Malaysia, Kanada, dan sejumlah negara di benua Amerika.

Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti mengatakan bahwa sampai pertengahan bulan Agustus ini sudah puluhan Yacht yang sudah terkonfirmasi untuk datang.

Yacht

Illustrasi: Yacht berlayar

Esthy mengatakan, festival ini diproyeksikan dapat mempercepat pembangunan dan pengembangan potensi sumberdaya kelautan dan pariwisata Indonesia guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang seluas-luasnya, khususnya masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil serta menjadikan Boalemo sebagai daerah tujuanwisata nasional dan internasional. Sera meningkatkan perekonomian daerah terutama sektor pariwisata bahari.

“100 kapal Yacht membawa keluarga dan kru minimal satu kapal dengan tiga hingga empat orang dengan rata-rata pengeluaran per orang perhari 105 dolar AS terdiri dari BBM, makan, minum dan belanja. Sehingga kalau dikalikan dengan 400 orang, pengeluaran wisman perhari 42.000 dolar AS memberikan dampak terhadap masyarakat sekitar dan negara,” ujarnya.

Melalui festival ini, lanjut Esthy, pemerintah berharap adanya pengembangan iklim usaha dan investasi agar dapat menarik investor lokal dan asing dalam pengembangan kegiatan wisata bahari. “Dan lokasi kegiatan Festival Boalemo yang sudah dibangun, diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi bagi masyarakat Gorontalo pada umumnya dan Boalemo pada khususnya,” pungkasnya.

 

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ