Perguruan Tinggi di Indonesia ini Masih dalam Jajaran 100 Universitas Top Asia

Written by Akhyari Hananto Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Universitas Indonesia (UI) sebagai kampus terbaik di Indonesia kini masuk dalam jajaran 100 Universitas Top se-Asia. UI menempati posisi ke-79 sebagai universitas Top di Asia.

Dilansir dari QS Top universities, di tingkat dunia UI menempati rangking ke-310 sebagai satu-satunya perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam jajaran 310 Universitas Top dunia.

Peringkat tersebut didasarkan atas penilaian dari Quacquarelli Symonds (QS) World University Rangking 2014/2015 terhadap 800 perguruan tinggi dunia.

Pemeringkatan QS World University Rangking menggunakan enam parameter. Pertama, Academic reputation (40 persen) –mengukur unsur akademik secara menyeluruh, Kedua, Employer reputation (10 persen) – mengukur kualitas tenaga pendidik perguruan tinggi.

Ketiga, Faculty/student ratio (20 persen) – mengukur keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi. Keempat, Citations per faculty (20 persen) – mengukur penelitian yang dihasilkan para sivitas akademika perguruan tinggi.

Kelima, Proportion of international student (lima persen) – rasio mahasiswa asing di perguruan tinggi. Keenam, Proportion of international staff (lima persen) – rasio tenaga pendidik asing di perguruan tinggi.

UI telah mencanangkan visi menjadi universitas mandiri dan unggul di tingkat nasional. UI mampu menyelesaikan maslah dan menjawab tantangan tingkat nasional maupun global.

Melalui QS World University Rangking by subject, UI telah membuktikan perwujudan dari visinya. UI meraih predikat terbaik dalam program studi Kedokteran se-Indonesia dan peringkat 310 di dunia. Sedangkan melalui QS World University Rangking by Faculty, Rumpun Ilmu Sosial dan Management UI meraih predikat ke 200 di dunia.

Pencapaian ini bukan saja milik UI, namun juga milik Indonesia yang turut bangga masuk dalam jajaran pergururuan tinggi terbaik di dunia. Pencapaian ini juga tidak lepas dari dukungan pemerintah terhadap pendidikan di UI.

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ