Ridwan Kamil : “Bandung untuk Papua”

Written by Yoga Prasetya Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Ridwan Kamil, walikota Bandung baru-baru ini mengumumkan program Pemerintah “Bandung Untuk Papua” melalui halaman facebooknya. Kang Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil) berencana untuk menjadi walimurid dari 70 siswa asal Papua yang nantinya akan menempuh pendidikan di kota Bandung. sebagaimana diungkapkan Staf Khusus Presiden RI Lenis Kogoya saat berkunjung ke Balai Kota Bandung, Jumat (14/8/2015).

Lenis mengatakan, selama ini masyarakat Papua merasa disisihkan. Apalagi di sektor pendidikan, masyarakat Papua cukup tertinggal karena sumber daya manusia di bidang pendidikan yang masih minim.

Tidak hanya menjadi wali murid, Kang Emil juga telah mempersiapkan bangku sekolah bagi anak-anak Papua tersebut untuk menempuh pendidikan di Kota Bandung hingga duduk di bangku perguruan tinggi. “Program akulturasi budaya, dimana ada orang tua asuh, agar mereka bisa tinggal sehari-hari di rumah warga Bandung. Diikutkan dalam program komunitas-komunitas binaan Dispora. Pelatihan keterampilan tepat guna,” jelas Kang Emil.

Program ini, merupakan salah satu usaha pemerintah untuk melakukan pemerataan pembangunan antara Indonesia Barat dengan Indonesia Timur, utamanya Papua. Kota yang menjadi tujuan pendidikan pun nantinya tidak hanya Bandung, melainkan berbagai kota besar yang tersebar di Jawa, termasuk Jakarta, Surabaya, Jogjakarta, dan Semarang. Anak-anak Papua ini direncanakan akan menempuh pendidikan di Jawa, untuk kemudian dikirim kembali ke Papua selepas masa studinya untuk membantu terlaksananya pembangunan di sana.

Written by Yoga Prasetya Member at GNFI

A researcher and writer