Paduan Suara Indonesia Raih Juara dalam International Choral Festival Manila

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Pada tanggal 22 – 25 Juli 2015 yang lalu telah berlangsung Andrea O. Veneracion International Choral Festival ke-2 di Manila, Filipina. Kompetisi paduan suara ini diikuti oleh enam peserta internasional dari berbagai wilayah termasuk Indonesia, serta sepuluh peserta dari Filipina. Dalam kejuaraan ini, Indonesia mengirimkan 4 (empat) kelompok paduan suara yang berkompetisi pada tiga kategori, yakni Folk Song CompetitionVocal Ensemble Competition dan  Chamber Choir Competition. Keempat kelompok paduan suara tersebut adalah “The Archipelago Singers”, “Universitas Pelita Harapan (UPH) Choir”, “Svaditra-Bandung Chamber Choir”, dan “Inggou Victory Children Voices GKPS”.

Paduan Suara UPN

Kompetisi Andrea O. Veneracion International Choral Festival pertama kali diadakan pada bulan Agustus 2013 dan diselenggarakan dalam rangka menghormati sumbangsih pendiri Philippine Madrigal Singers dan Artis Musik Nasional, Profesor Andrea O. Veneracion yang merupakan choirmaster terkemuka Filipina. Kegiatan kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan sekaligus mempromosikan kemampuan kelompok paduan suara Filipina di tingkat global.

Dalam kompetisi yang juga diikuti oleh peserta dari benua Amerika seperti Meksiko ini, peserta paduan suara dari Indonesia dan Filipina tampak ketat bersaing dan jauh mengungguli peserta lainnya, sehingga tidak heran jika para peserta paduan suara dari kedua negara tersebut mampu meraih kemenangan pada berbagai kategori yang ada. Kelompok paduan suara “The Archipelago Singers” dari Indonesia meraih juara pertama kategori Chamber Choir Competition dan peringkat ketiga untuk kategori Folk Song Competition. Kelompok paduan suara “University of the Visayas Chorale” dari Filipina meraih juara pertama untuk kategori Folk Song Competition, sementara untuk kategori Vocal Ensemble Competition semuanya diraih oleh peserta paduan suara dari Filipina dengan peringkat pertama diraih oleh “Boscorale”.

Raut kebahagiaan tampak mewarnai para anggota paduan suara “The Archipelago Singers” saat tampil usai menerima plakat First Prize Winner dari pihak penyelenggara yang diwakili oleh Mark Anthony Carpio (Choirmaster Philippine Madrigal Singers). Dalam pelaksanaan kompetisi paduan suara ini, KBRI Manila telah menghadiri pembukaan dan penutupan kegiatan, serta memberikan dukungan serta fasilitasi bagi peserta paduan suara Indonesia.

Kemenlu.go.id/KBRI Manila

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ