Sidringo, KW Supernya Ranu Kumbolo

Written by Muhammad Sulthon Novera Rega Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
6 replies

Letak : Desa Mojotengah, Kec. Reban, Kab. Batang, Jawa Tengah
Ketinggian : ± 2.222 Mdpl

Nama Dringo konon didapat dari tumbuhnya dringo di sekeliling telaga tanpa ditanam orang. Telaga itu juga merupakan bekas kawah yang meletus pada tahun 1786. Terletak di Desa Mojotengah, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, dan langsung berbatasan dengan Desa Wonopriyo, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, sejalur dengan Kawah Candradimuka yang sudah masuk Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Telaga ini merupakan salah satu telaga yg terletak di salah satu puncak Dieng. Kalau kita berdiri di salah satu puncak di sekeliling telaga, maka akan tampak cekungan bekas kawah yg meletus dan sekarang terisi air tersebut.

Telaga ini adalah telaga yang sangat jarang dikunjungi bahkan diketahui oleh wisatawan Dieng, treking yang jauh sulit dan jalan yang kurang bagus menjadi alasan utama. Terutama perjalanan antara Desa Kembang Langit sampai Desa Gerlang yang rusak parah. Sayang sekali, kurang ada pengelolaan dan akses  yang baik untuk Sidringo ini.

Kata warga setempat, bikers yang mengaku handal, kalau belum sukses naklukin  jalan menuju Sidringo via Batang, belum sahih disebut bikers sejati.

Ya, jalanan terjal inilah yang terkadang membuat para pengunjung harus berjuang keras menuju ke lokasi. Ada yang menggunakan motocross, ada pula yang meminta bantuan masyarakat sekitar untuk mendorong motor, pun juga ada yang menggunakan jasa “ojek super” (sopirnya telah memiliki skill yang mumpuni untuk menghadapi jalan yang terjal.)

Berikut foto-foto Sidringo yang disadur dari berbagai sumber.

Indah, bukan ? Namun masih cukup sepi.

Inilah tempat wisata yang berkualitas dan masih minim atensi. Semoga masyarakat senantiasa menjaga keindahan alam bumi pertiwi! Inilah Negeriku! Maju terus pariwisata Indonesia!

– Muhammad Sulthon Novera Rega

(Credit photo to : achidwiastari & pramata_pramakumbara on instagram ; Ika Sendy Herista on Blog ; krisnawilantara56 on WordPress ; Mas Shobar on Blog)

 
4 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ
Didit Saputra
Didit Saputra

Gak ada dokumentasi kometisinya nh? Pengen liat kompetisinya & robot2nya seperti apa :)

#BanggaIndonesia

pancanugra
pancanugra

Salah satu supremasi anak teknik adalah robot.. Wajarlah kalo dominasi robot masih dipegang surabaya sama bandung... Secara bandung punya itb dan polbannya, dan surabaya dengan its dan pensnya.. Tapi kalok ngeliat statistik juara robot nasional beberapa tahun belakangan, jagoan robot malah cenderung ke derby surabaya (its vs pens)... Iklim 'panas' mereka terus membuat persaingan robot menjadi lebih maju dunia robotik nasional... Sampe sampe kemarin, olimpiade robotik di singapur anak sd dari surabaya yg juaraa... Jadi ga sabar liat KRI atau KRN atau apalah namanya nanti di jogja

Imamferd
Imamferd

@pancanugra saya salah satu mahasiswa asal bandung. kebetulan liburan semester lalu main ke tempat temen di surabaya. waktu disana, diajak keliling its... daaaan ternyata gedung robotika its dan pens emang luar biasa!!!? ga heran kalo 5 tahun terakhir robotika nasional didominasi mereka... saya akui... #RESPECT

Edi Suprapto
Edi Suprapto

sangar rek !

tapi KRN 2014 masih dominasi surabaya dan bandung.... ayo yang lainnya pada semangattt... ditunggu KRN 2015 di jogja!