Jadi Tuan Rumah IOAA 2015, Indonesia Raih Dua Medali Emas

Written by Fahmiranti Widazulfia Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

ioaa

Sebagai tuan rumah di kompetisi astronomi internasional ini, Indonesia berhasil meraih dua medali emas dalam International Olympiad on Astronomy and Astrophysics 2015, yang diselenggarakan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, 26 Juli-4 Agustus.

Kedua medali itu diraih masing-masing oleh Joandy Leonata Pratama dan Rafif Abdus Salam. Keduanya masing-masing juga meraih penghargaan Best Observation dan Best Data Analysis.

Bahkan, Joandy meraih nilai tertinggi 298,86 atau capaian 101,14 persen, jauh melampaui 10 peraih medali emas lainnya. Atas prestasinya itu, Joandy meraih gelar Absolute Winner. Selain itu, tim Indonesia juga meraih 6 medali perak, 1 medali perunggu, dan 1 predikat honorable mention.

tim-ioaa-2015-di-indonesiaproud-wordpress-com

Dengan pencapaian itu, tim Indonesia meraih juara ketiga di bawah Iran dan India. Iran meraih gelar juara umum International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) dengan 3 medali emas, 6 medali perak, 1 medali perunggu, dan 1 honorable mention. Disusul India dengan 3 medali emas dan 2 medali perak.

Dalam upacara penutupan IOAA 2015 di Candi Prambanan, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Harris Iskandar, yang mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, mengatakan, pencapaian kali ini mengejutkan dan membanggakan.

“Prestasi dan pengetahuan dalam astronomi dan astrofisika ini diharapkan membentuk para peserta menjadi manusia seutuhnya yang semakin mampu bersaing di tingkat global,” ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan Institut Teknologi Bandung (ITB) Wawan Gunawan mengatakan, olimpiade itu diharapkan memberikan stimulus pada generasi muda untuk mulai mencintai astronomi dan astrofisika. Selama ini, bidang itu kurang diminat

 

nationalgeographic.co.id

 

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ

Trackbacks

  1. Onrust Pinhole: Apa, Mengapa dan untuk Apa (?) says:

    […] banyak, Onrust Pinhole pun sempat diliput beberapa media nasional seperti detik.com, CNN Indonesia, GNFI, Harian Tribun Jabar dan sempat diulas juga di acara Sapa Indonesia Kompas TV. Tak pernah […]