Novelis Indonesia Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Warwick

Written by Fuad hasan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
1 replies

Andrea Hirata semakin menasbihkan dirinya sebagai Penulis terkemuka di dunia internasional. Betapa tidak Andrea yang belum lama ini meluncurkan novel terbarunya berjudul “Ayah”, dianugrahi gelar doktor honoris causa di bidang kesusastraan dari Universitas Warwick, Inggris. Universitas ke-6 terbaik di UK dan ke-61 terbaik di dunia itu memilih Andrea karena kontribusinya dalam international literature selama lima tahun terakhir ini.

Dikutip dari laman CNNindonesia.com, penganugerahan gelar prestisius untuk Andrea itu sudah direncanakan sejak lama. Menurut keterangan manajemen Andrea kepada CNN Indonesia, pihaknya menerima surat pemberitahuan dari University of Warwick sekitar setahun yang lalu. Dalam surat pemberitahuan itu disebutkan, Andrea terpilih karena kontibusinya dalam International Literature selama delapan tahun terakhir. University of Warwick sudah mengikuti perkembangan Andrea dalam lima tahun belakangan.

Selama lima tahun belakangan, University of Warwick memang telah mengamati kiprah Andrea di bidang penulisan. Salah satu novelnya, “Laskar pelangi” telah diterjemahkan ke dalam 34 bahasa asing dan diterbitkan di 130 negara merupakan salah satu poin utama. Termasuk audio book-nya, dipakai secara luas di banyak negara sebagai referensi pendidikan, pembelajaran sastra, dan salah satu referensi yang bahkan dipakai para diplomat untuk belajar tentang Indonesia.

Dalam laman kompas.com, penghargaan itu diberikan pada Summer Graduation 2015, Universitas Warwick. “Bagi saya, penghargaan ini bukan hanya penghargaan untuk saya atau karya-karya saya, melainkan juga penghargaan bagi Indonesia. Saya persembahkan juga penghargaan ini bagi para pembaca buku saya dan para penulis muda. Semoga terinspirasi untuk menjangkau pembaca di berbagai belahan dunia dan membawa nama baik Indonesia,” kata Andrea Hirata yang menerima gelar itu di Warwick Art Centre, 13 Juli lalu.

Dalam pidato sambutannya, Andrea melontarkan kalimat yang menggetarkan pengunjung. “Indonesia, Indonesia, merdeka, merdeka,” teriak Andrea yang disambut tepuk tangan panjang dari semua pengunjung yang berada di Warwick Art Centre.

Penghargaan ini menambah daftar panjang penghargaan yang pernah diterima penulis kelahiran Belitong, 24 Oktober 1976 ini. Andrea merupakan pemenang New York Book Festival 2013 untuk novel pertamanya The Rainbow Troops, untuk kategori fiksi umum dan pemenang Buchawards 2013, Jerman untuk Die Regenbogen Truppe (Laskar Pelangi versi Jerman). Cerita pendek pertamanya “Dry season” muncul di Washington Square Review Magazine, yang diterbitkan oleh New York University pada tahun 2011. Ia juga berkolaborasi dengan penulis Internasional lainnya seperti Matteo Pericoli untuk bukunya Windows On The World Project, 50 Writers, 50 Views.

http://www.cnnindonesia.com/hiburan/20150728093810-241-68520/andrea-hirata-terima-doktor-honoris-causa-sastra-di-inggris/

http://entertainment.kompas.com/read/2015/07/27/223413610/Andrea.Hirata.Doktor.Honoris.Causa

http://www.jpnn.com/read/2015/07/27/317187/Luar-Biasa!-Andrea-Hirata-Terima-Honoris-Causa-dari-Universitas-Inggris-

http://www2.warwick.ac.uk/newsandevents/news/warwick_to_honour/

Written by Fuad hasan Member at GNFI

mahasiswa UNSOED yang sedang kuliah di UGM, dapat ditemui pada akun @fuadmckenzie

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ