Murid SD ini Juara di Mathematics World Contest

Written by Akhyari Hananto Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
1 replies

Murid sekolah dasar (SD) Indonesia menorehkan prestasi gemilang dengan menjuarai lomba matematika tingkat dunia. Tim dari Klinik Pendidikan MIPA mendapat Piala Champion dan medali emas dalam lomba Po Leung Kuk atau Mathematics World Contest di Hongkong..

Selain itu, Tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga meraih piala runner up dan medali perak dalam kontes yang sama.

Piala Champion yang diperebutkan 37 tim dari 5 benua ini berhasil diraih kembali oleh Tim Indonesia setelah terakhir kali meraihnya pada tahun 2010. Lomba Po Leung Kuk  peserta dari negara-negara Cina, India, Bulgaria, Amerika Serikat, Afrika Selatan, Australia, Mongolia, Pilipina, Malaysia, Thailand, Singapura dan Indonesia.

Indonesia diwakili dua tim dari dua institusi berbeda dan dua-duanya dapat prestasi. Dua institusi tersebut yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dan Klinik Pendidikan MIPA.

Anggota tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diambil dari juara Olimpiade Sains Nasional dan Internasional Mathematics and Science Olympiad pada tahun 2014.

Sedangkan anggota Tim dari Klinik Pendidikan MIPA adalah siswa-siswa KPM yang menjadi juara pada Kompetisi Matematika Nalaria Realistik ke-10 (KMNR). Lomba KMNR ini rutin diadakan KPM, keunikan lomba ini adalah bayaran seikhlasnya.

Peserta lomba dari Indonesia, Pikatan, mengatakan, soal-soal pada lomba ini kategorinya sedang walaupun disajikan dalam bahasa inggris.

“Kami bisa mengerjakan soal dengan baik,” ujar siswa SDN 2 Sokanegara Purwokerto, itu.

Pikatan dan tim KPM lainnya dalam menghadapi lomba Po Leung Kuk mendapat pembinaan sebanyak 2 tahap, masing-masing tahap sekitar 6 hari. Tempat pembinaannya adalah di ruko KPM yang dikenal dengan nama Padepokan Amir Syahrudin.

Sementara itu, Deputy Leader dari KPM, Weni Wulan Sari,  mengatakan hasil tahun ini sangat membanggakan. Banyak peserta dari negara lain mengucapkan selamat kepada tim Indonesia khususnya tim KPM atas prestasi yang diraihnya.

“Walaupun pelatihan dilakukan KPM di tempat yang sederhana hanya di sebuah ruko, bukan di hotel, tetapi Tim Klinik Pendidikan MIPA bisa membuktikan kalau tempat mewah atau hotel  bukan jaminan untuk menghasil prestasi yang bagus,” ujar Weni.

Menurut Weni, semangat anak-anak dalam belajar, rajin beribadah dan kekompakan mereka merupakan kunci sukses yang membuat Tim KPM jadi juara 1 di ajang lomba ini.

Weni berharap agar pemerintah juga memperhatikan tim dari KPM yang telah berhasil memperoleh piala Champion, karena tim KPM datang atas swadaya KPM dengan dukungan orang tua.

“Tim KPM sangat berbeda dengan tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang semuanya dibiayai pemerintah dari mulai pembinaan di hotel sampai keberangkatan,” imbuhnya.

Kendati demikian, Weni mengaku selalu ingat dengan pesan pimpinan KPM yang menyebutkan bahwa mengharumkan nama negara tanpa merepotkan  atau  mendapat bantuan dari pemerintah itu jauh lebih terhormat.

“Pimpinan KPM sering mengatakan, saat ini kita sebagai warga negara harus berkorban waktu, pikiran, tenaga dan harta demi nama dan kehormatan bangsa dan negara Indonesia,” imbuhnya.

Inilah anggota tim dari Indonesia yang meraih juara Mathematics World Contest

1. Team Leader : Raden Ridwan Hasan Saputra

2. Deputy Leader : Niknik Kartika

3. Aurelius Bryan Yuwana dari SD Victory , Plus Bekasi, Jawa Barat

4. Muflih Naufal Maxi dari SDN Rawamangun 12 Pagi, Jakarta Timur, DKI Jakarta

5. Ferdinand Halim Santoso dari SDK Kalam Kudus, Surakarta, Jawa Tengah

6. Firman Jiddan dari SD Hj Isriati Baiturahman 1, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Anggota Tim dari Klinik Pendidikan MIPA :

1. Team Leader : Raden Ridwan Hasan Saputra

2. Deputy Leader : Weni Wulan Sari

3. Candini Izdihar Nariswari dari SDIT Ibnu Sina Jakarta

4. Adelia Putri Prasetyo dari SDIT Nurul Fikri Depok

5. Muhammad Halif dari SDIF Al Fikri Depok

6. Pikatan Arya Bramajati dari SDN 2 Sokanegara Purwokerto

Pojoksatu.id

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ