Jazirah Arab di Pantai Selatan Jogja

Written by Akhyari Hananto Administrator at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Tahukah Anda di Bantul, Yogyakarta ada satu tempat yang mirip padang pasir di Jazirah Arab? Ya, tempat ini adalah Pantai Parangkusumo.

Tiap lebaran, hamparan pasir luas berwarna kecoklatan itu dipenuhi para jemaah yang hendak melaksanakan Salat Idulfitri yang biasanya dipenuhi wisatawan.

(foto :time.com)

Bagi masyarakat Bantul, Salat Id di tengah padang pasir sudah menjadi tradisi dan sudah dilaksanakan sejak puluhan tahun lalu. Selepas itu, tradisi unik lainnya digelar yakni Salawat Rodat.

Diiringi bunyi rebana, kisah Nabi Muhammad SAW diceritakan dengan merdu dalam bentuk nyanyian. Uniknya para pelantun salawat dengan kompak memainkan kipas perlambang mengusir hawa nafsu buruk.

Di saat laki-laki hanyut dalam keriuhan bersalawat, para perempuan sibuk menyiapkan makanan di dapur masjid. Menu inilah yang nantinya akan dimakan bersama-sama, setelah para jemaah selesai melantunkan Salawat Rodat.

Tradisi berumur ratusan tahun ini adalah simbol rasa syukur, setelah melewati segala godaan selama bulan Ramadan. (Mar/Tnt)

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ