SMP Negeri Berbasis Alam di Purwakarta

Written by Farah Fitriani Editor at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Sekolah alam selama ini identik dengan sekolah swasta. Tapi lain dengan di Purwakarta. Namanya SD SMP Kahuripan Padjajaran. Di sekolah ini, SD dan SMP disatukan, jadi murid bersekolah hingga kelas 9.

“Ini sekolah berbasis alam. Ini sekolah negeri pendidikan 9 tahun. Saya menggagas sekolahnya, penataan oleh Bu Tuti dosen Trisakti,” jelas Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Jumat (10/7/2015).

Di sekolah ini lengkap mulai ada persawahan, tempat siswa mengenal pertanian, kemudian sungai hingga kolam ikan. Di sini siswa selain belajar di kelas juga langsung di alam.

Tak hanya itu, pendidikan karakter juga ditanamkan di sekolah ini. Siswa tidak diperkenankan membawa kendaraan kecuali sepeda.

“Ini sekolah percontohan, membentuk karakter siswa yang beradab,” urai Dedi.

Dedi mengundang bagi pendidik atau siapapun berkunjung ke sekolah alam ini. Sekolah ini cukup luas, dan panorama alamnya menarik. Bahkan ada pondok-pondok tempat belajar yang dibuat bak vila. Anda tertarik melihat?

disadur dari DETIK

Written by Farah Fitriani Editor at GNFI

a single young woman full of spirit in making a better Indonesia. an undergraduate student in Faculty of Law, Padjadjaran University, Bandung, Indonesia who is now being an exchange student in Rikkyo University, Tokyo, Japan. english teacher and a lecturer's assistant at College of Business, Rikkyo University. you can contact her by mentioning @farafit in twitter or adding farahfitrianifaruq to have a little chitchat via GTalk.

 
1 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ
ChinaSour
ChinaSour

@ambadarID Enjoyed your shares. Are you open to an interview see my profile?