Mengembangkan ilmu tak terbatas oleh ruang dan waktu. Setidaknya hal itu senada dengan perjalanan akademis dari Agus Pulung Sasmito, seorang profesor muda asal Indonesia yang kini mengajar di salah satu universitas berkelas dunia di Kanada.

Sama sekali tak ada ingatan bagi Agus untuk meninggalkan tanah kelahirannya. Profesi ini dia ambil semata-mata untuk mengembangkan keilmuan yang lebih maksimal.

"Jujur saya belum pernah mengajar di Indonesia, hanya beberapa kali menjadi pembicara seminar di Indonesia, jadi saya tidak bisa membandingkan secara khusus. Tapi mungkin secara garis besar, budaya dan fasilitasnya berbeda," tutur Agus saat berbagi inspirasi dengan detikcom, Selasa (7/7/2015).

Perjalanan Agus hingga sampai ke Kanada berawal dari penelitiannya mengenai energi baru dan terbarukan (EBT) di Abu Dhabi. Penelitian itu dilakukan di bawah bimbingan Massachusetts Institute of Technology (MIT) Amerika selama 1.5 tahun.

Sebelumnya dia mengambil S2 dan S3 di National University of Singapore (NUS) pada tahun 2006 dan mengambil Jurusan Teknik Mesin. Sebelumnya lagi dia adalah sarjana teknik dari Jurusan Teknik Fisika FT UGM angkatan 2001.

Kegemarannya menuntut ilmu yang berbau teknologi membawa dia terus mempelajari hal-hal baru di tempat yang baru pula. Maka itu tak ada batasan baginya untuk menuntut ilmu.

"Akhirnya, untuk mengembangkan karir menuju riset kelas dunia, saya memutuskan untuk menerima tawaran sebagai Professor muda di Jurusan Teknik Pertambangan dan Material McGill University yang merupakan jurusan pertambangan tertua di Amerika utara," ujar dia.

McGill University dia pilih karena saat itu menduduki peringkat 21 dunia. Terbayang olehnya saat itu bagaimana fasilitas dan teknologi yang dimiliki kampus itu pasti lengkap dan amat menunjang dahaga keilmuannya.

Kanada juga salah satu negara yang menyoroti riset dan teknologi, sehingga negara sangat berperan untuk mengembangkannya. Tak bisa dipungkiri bahwa biaya riset sangat tinggi dan butuh peran negara untuk turun tangan.

"Sebagai contoh diluar negeri ketika seseorang mendapatkan tawaran dosen atau disebut professorship, selain gaji yang cukup besar, universitas atau pemerintah juga mengalokasikan anggaran untuk membuatkan laboratorium beserta isinya; infrastructure fund serta dana riset awal (start-up fund) untuk menjalankan operasional penelitian. Profesor juga bisa merekrut mahasiswa S1 – S3 sampai posdoktoral, teknisi laboratorium, dan lain-lain," ungkap dia.

cek biodata Agus Pulung Sasmito di web resmi Mcgill University disini.

disadur dari DETIK
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar Anda...
READ NEXT
BACK TO TOP
Di Grammy Awards 2016, Pianis Muda Indonesia ini akan Sepanggung dengan Adele, Taylor Swift, dan Justin Bieber
Di Grammy Awards 2016, Pianis Muda Indonesia ini akan Sepanggung dengan Adele, Taylor Swift, dan Justin Bieber
Pianis jazz muda asal Indonesia peraih dua nominasi Grammy Awards, Joey Alexander, dipastikan akan tampil dalam pesta pembukaan ajang penghargaan Grammy Awards ke-58 yang digelar di Microsoft Theater, Los Angeles, AS, pada Senin 15 Feb  mendatang. Dalam pesta pembukaan tersebut, pemilik nama lengkap Josiah Alexander Sila tersebut akan berbagi panggung
Lagu Legendaris Negeri Kamboja Tentang Sumatera
Lagu Legendaris Negeri Kamboja Tentang Sumatera
Mungkin bagi kebanyakan orang Indonesia, negara Kamboja bukanlah sebuah negara yang populer. Negara ini kalah populer dengan negara-negara Asean yang lain seperti Singapura, Malaysia, atau Thailand, bahkan mungkin Vietnam, tetangga dekat Kamboja. Memang tak terlalu banyak yang menonjol dari Kamboja, kecuali mungkin tentang sejarah kelam negara tersebut saat rejim Khmer
Obama, Alien Raksasa, dan Bakti Kita untuk Bangsa
Obama, Alien Raksasa, dan Bakti Kita untuk Bangsa
By Akhyari Hananto Saya mungkin satu dari sekian banyak orang yang sangat bergembira ketika sekuel film Independence Day dibuat. Film "Independence Day : Resurgence" ini rencananya akan dirilis pada sekitar pertengahan 2016 di seluruh dunia dan gemanya mulai terdengar mulai dari sekarag. Inilah salah satu (dari beberapa) film yang paling banyak
Penghargaan peneliti wanita terbaik di dunia jatuh ke dosen wanita dari Indonesia ini
Penghargaan peneliti wanita terbaik di dunia jatuh ke dosen wanita dari Indonesia ini
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali dibuat bangga oleh prestasi salah satu dosennya. Dialah Sri Fatmawati SSi MSc PhD, dosen jurusan Kimia FMIPA ITS yang kembali mempersembahkan prestasi tingkat internasional sebagai salah satu pemenang dari lima peneliti wanita terbaik yang meraih penghargaan The 2016 Elsevier Foundation Awards for Early Career
Museum Kata Andrea Hirata: Museum Berani Bermimpi!
Museum Kata Andrea Hirata: Museum Berani Bermimpi!
Museum Kata Andrea Hirata adalah museum sastra pertama di Indonesia yang didirikan oleh penulis novel Laskar Pelangi yaitu Andrea Hirata. Berlokasi di Jalan Laskar Pelangi No.7, Desa Gantong, Pulau Belitung museum ini ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari
Berkunjung ke Museum yang Menjadi "Bengkel" Garuda Wisnu Kencana
Berkunjung ke Museum yang Menjadi "Bengkel" Garuda Wisnu Kencana
NuArt Sculpture Park adalah museum tempat menyimpan karya – karya seniman asal Bali, I Nyoman Nuarta yang berdiri sejak tanggal 11 November 2000. Pada awalnya museum ini didirikan sebagai tempat penyimpanan hasil karya Nuarta pribadi namun lama