Jeruk Purut Rempah Asli Indonesia

Written by Akhyari Hananto Administrator at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Jeruk purut merupakan salah satu tanaman rempah asli Indonesia. Meskipun bukan endemik, tanaman yang memiliki kulit buah khas ini sangat terkenal di kawasan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Nama latin tumbuhan ini adalah Citrus hystrix DC yang mempunyai beberapa nama sinonim seperti Citrus auraria, C. celebica, C. papeda, dan C. torosa. Nama “hystrix” mempunyai arti “landak” yang mengacu pada duri-duri pada batangnya. Dalam bahasa Inggris jeruk ini dikenal sebagai kaffir lime.

Jeruk purut di beberapa daerah di Indonesia dikenal dengan beberapa nama berbeda. Penyebutan itu antara lain, unte mukur atau uunte pangir (Batak), lemau purut, lemau sarakan (Lampung), lemao puruik (Minangkabau), dan dema kafalo (Nias).Juga disebut limau purut, jeruk wangi, atau jeruk purut (Sunda dan Jawa), jeruk linglang dan jeruk purut (Bali), mude matang busur dan mude nelu (Flores), ahusi lepea (Seram), munte kereng, usi ela, lemo jobatai, dan wama faleela (Maluku).

Tumbuhan ini secara alami tersebar di Indocina dan Malesenia. Daerah sebarannya meliputi Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, India, Nepal, dan Bangladesh. Sehingga bisa dikatakan jeruk purut merupakan salah satu tumbuhan buah asli Indonesia. Banyak dibudidayakan di pekarangan dan bukan spesies tanaman yang terdaftar dalam status konservasi IUCN Red List (tidak terancam punah).

 

Tumbuhan dan buah jeruk purut mudah dikenali. Tumbuhannya perdu (tanaman kecil) dengan tinggi sekitar 3-6 meter. Ranting berduri. Daun khas. seperti dua tahun yang tersusun vertikal. Daun ini mempunyai aroma harum yang khas ketika diremas.

Bunganya berbentuk bintang, berwarna putih kemerah-merahan atau putih kekuning-kuningan. Buahnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau dengan permukaan kulit yang bergelombang dan kasar.

Manfaat Jeruk Purut

Jeruk purut menjadi salah satu buah yang terkenal di Asia Tenggara. Umumnya dimanfaatkan sebagai rempah atau bumbu masakan. Baik daun maupun buahnya biasa digunakan sebagai penetral bau amis daging atau ikan. Juga untuk menambahkan aroma harum pada sejumlah masakan seperti gado-gado dan pecel.

Tidak jarang juga dimanfaatkan sebagai obat dan kosmetik tradisional. Kandungan tanin, steroid triterpenoid, dan minyak asiri pada daunnya serta saponin, tanin, steroid triterpenoid, dan minyak asiri pada kulit buahnya dimanfaatkan untuk pengobatan influensa, badan pegal-pegal, mewangikan rambut, dan untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan kulit bersisik.

Kalsifikasi Ilmiah: Kerajaan: Plantae. Divisi: Magnoliophyta. Kelas: Magnoliopsida. Ordo: Sapindales. Famili: Rutaceae. Genus: Citrus. Spesies: Citrus hystrix.

Referensi dan gambar :
id.wikipedia.org/wiki/Jeruk_purut,
www.iptek.net.id

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ