Foto-foto Luar Biasa Rumah Pohon Suku Korowai di Papua

Written by Akhyari Hananto Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
1 replies

Tidak hanya terkenal dengan kekayaan flora dan fauna, Papua memiliki suku-suku asli yang memiliki kehidupan menarik dan unik. Salah satunya adalah suku pedalaman asli papua yang hidup dan tinggal di rumah pohon setinggi hingga 50 meter yang dikenal dengan nama Suku Korowai.

Suku Korowai mendiami wilayah Kaibar, Kabupaten Mappi, Papua. Suku Korowai baru ditemukan oleh misionaris Belanda pada tahun 1974. Sebelumnya, mereka benar-benar tidak mengenal orang diluar kelompoknya. Tidak seperti suku lain yang membangun rumah Honai sebagai tempat hunian, mereka justru tinggal di rumah pohon.

Suku Korowai tinggal di rumah pohon setinggi mulai 15 hingga 50 meter. Mereka membangun rumah di atas pohon untuk menghindari binatang buas dan gangguan roh jahat. Suku korowai percaya bahwa, semakin tinggi rumah mereka, semakin jauh dari gangguan roh-roh jahat.

Bahan yang digunakan untuk membuat rumah pohon berasal dari hutan dan rawa di sekitar mereka, seperti kayu, rotan, akar dan ranting pohon. Rumah pohon suku Korowai sangat alamiah. Semua bahan terbuat dari alam, kerangka terbuat dari batang kayu kecil-kecil dan lantainya dilapisi kulit kayu. Dinding dan atapnya menggunakan kulit kayu atau anyaman daun sagu. Untuk mengikat, semua menggunakan tali. Semua proses pembuatan rumah dilakukan dengan menggunakan tangan. Barang logam satu-satunya yang ada adalah parang atau kapak yang biasa mereka gunakan untuk berburu.

Pada tahun 2011, Suku Korowai pernah muncul dalam film dokumentasi BBC Human Planet. Dalam film tersebut, suku Korowai menunjukkan bagaimana mereka membuat rumah pohon. Bahkan salah satu usaha ambisius mereka tunjukkan dengan membangun rumah pohon setinggi 114 meter dalam waktu 2 minggu!

Korowai_tribe_and_their_tree_houses_2

 

Photograph by George Steinmetz

korowai-tree-house-85

korowai-tribe-tree-house

Photograph by George Steinmetz

 

 

Photograph by George Steinmetz

 

 

Photograph by George Steinmetz

 

 

Photograph via Angry Boar

 

 

Photograph by George Steinmetz

 

korowai-tree-house-85

Photograph by George Steinmetz

korowai-tree-house-95

 

Photograph by George Steinmetz

 

rumah pohon korowai papua 5

Photograph by George Steinmetz

Korowai_tribe_and_their_tree_houses_8

Photograph via Trek Papua

Mobgenic.com

 
1 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ
contactap2
contactap2

@Akhyaree Terima kasih atas perhatiannya. Selamat melanjutkan aktivitas. - Putri