Google Luncurkan Perintah Suara dalam Bahasa Indonesia

Written by Akhyari Hananto Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

 
Google menyadari bahwa 2  tahun belakangan, para netizen lebih cenderung menggunakan bahasa kasual dan kalimat yang lebih panjang saat mereka melakukan pencarian melalui Google. Misalnya saja, penggunaan kata “cara membuat”. Berdasarkan data yang didapatkan Google, penggunaan kata “cara membuat” meningkat sebesar 80 persen sejak tahun 2011.


Melihat hal ini, maka mulai kemarin, Rabu (10/6/2015), Google mengadakan sebuah gerakan yang disebut sebagai “Tanya aja Google App”. Kampanye ini bertujuan agar para netizen dapat melakukan pencarian dengan mudah yaitu melalui penggunaan perintah suara. Dan untuk itu, maka Google juga meluncurkan sebuah fitur baru pada Google App.

Dengan fitur baru ini, Anda dapat menggunakan bahasa Indonesia untuk meminta Google App untuk mencari sesuatu. Untuk mengaktifkan fitur ini, terlebih dahulu Anda harus mengganti pengaturan pada Google App. Caranya adalah masuk ke menu Pengaturan pada Google App lalu pilih Suara > Bahasa > Bahasa Indonesia.

Untuk mengaktifkan perintah suara, Anda dapat mengatakan “OK Google” atau menekan tombol mic yang berada di dalam kotak search untuk Google.
Grafik yang menunjukkan bahwa penggunaan kata
“Dengan adanya fitur ini, netizen kini tidak hanya dapat mencari mengenai hal-hal akademis atau serius. Mereka juga dapat mencari informasi saat mereka sedang sibuk menggunakan kedua tangannya, seperti saat mereka memasak,” kata Sandy Tantra, Consumer Marketing, Google Indonesia.

Inilah beberapa kata yang sering dicari melalui Google.


ABE

Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah. Di tahun 2011, netizencenderung untuk menuliskan langsung nama kegiatan yang ingin mereka cari tahu, dalam kasus ini, membuat blog. Sementara di tahun 2014 dan tahun 2015, netizencenderung menambahkan kata “cara membuat” pada bagian depan.

Ellavie Ichlasa Amalia – Metrotvnews.com
 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ