Kisah Nanas Indonesi dan Ekspor Terbesar Ketiga Dunia

Written by Akhyari Hananto Administrator at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Siapa sangka ternyata minat pasar mancanegara terhadap nanas Indonesia begitu tinggi. Sehingga Indonesia menjadi salah satu negara yang mengekspor nanas kalengan terbesar ke tiga di dunia.

Informasi ini disampaikan oleh Saleh Husein, Menteri Perindustrian. Saleh mengatakan jika Indonesia merupakan negara terbesar ke tiga di dunia dalam hal ekspor nanas kalengan. Usaha yang memiliki prospek masa depan ini dijalankan oleh perusahaan Great Giant Pineapple yang berlokasi di Lampung.

Hal ini merupakan cerminan dari arti nama perusahaan tersebut. Sebuah perusahaan yang besar dan hebat. Kondisi seperti ini dibuktikan dengan jumlah produksi nanas kalengan dari lahan pemerintah hingga lahan petani nanas.

Informasi lebih detail tentang perusahaan ini disampaikan langsung oleh Ruslan Krisno, Direktur Sustainability Great Giant Pineapple. Ruslan mengatakan jika perusahaan Great Giant Pineapple mampu memproduksi nanas kalengan sebesar 200 ton setiap harinya.

Cakupan produksi nanas kalengan yang begitu banyak membuat perusahaan bisa memperkerjakan 16 ribu pegawai. Untuk menunjang keberlangsungan proses produksi, terdapat nilai investigasi sebesar 500 milliar rupiah.

Ruslan juga mengatakan jika dengan olahan produksi sebesar itu, terjadi transaksi perdagangan sebesar US$ 220 juta atau jika dirupiahkan senilai 2,6 triliun rupiah.

Nanas kalengan yang dalam jumlah besar tersebut dihasilkan dari tanah pertanian seluas 33 ribu hektar. Perusahaan Great Giant Pineapple bisa mencapai target produksi nanas kalengan yang berupa sari nanas hingga jus nanas ke 60 negara seperti Amerika, Eropa, Afrika, Asia Pasifik dan Timur Tengah.

Oleh sebab itulah pemerintah akan betul – betul mendukung perusahaan Great Giant Pineapple agar bisa memproduksi nanas dalam jumlah yang lebih besar lagi. Lantaran, selain menguntungkan untung negara, keberhasilan bisnis nanas kalengan ini bisa menyerap tenaga kerja yang banyak.

Bila masyarakat memiliki pekerjaan, ini artinya kemiskinan yang ada di Indonesia sedikit demi sedikit bisa terselesaikan. Sehingga kesejahteraan rakyat Indonesia pastinya menjadi lebih.

Mengingat dampak yang begitu besar terhadap kemajuan Indonesia, maka pemerintah akan melakukan upaya untuk membuat bisnis nanas kalengan Indonesia ini benar – benar bisa merajai pasar ekspor di dunia.

 
13 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ
dr_mayna92
dr_mayna92

@GNFI lama2 mukanya mirip \U0001f604

sokerudi
sokerudi

@panca66 @GNFI baguslah, semoga sukses

C_on_G_Sky
C_on_G_Sky

@panca66 @GNFI etapi klo kena sanksi FIFA bukannya gak di akuin semua pemain n official INA oleh sepakbola Intl ?? bola.okezone.com/read/2015/05/3…

SetioDarmadi
SetioDarmadi

@C_on_G_Sky @panca66 @GNFI gampang, jadi warga negara sana aja. Biasanya anak dibawah umur yg berbakat di eropa ditawarin kewarganegaraan.

C_on_G_Sky
C_on_G_Sky

@SetioDarmadi @panca66 @GNFI waduh!!!...yg kemaren di nasionalisasi kasian bener...

SetioDarmadi
SetioDarmadi

@C_on_G_Sky @panca66 @GNFI Temen saya di Jerman yg anaknya berbakat di bidang IT aja langsung diajak ngobrol ortunya, pdhl msh 12 thn.

SetioDarmadi
SetioDarmadi

@C_on_G_Sky @panca66 @GNFI beda ya negara maju sama negara kaya gini. Di sana labelnya aja demokrasi, aslinya mah meritokrasi. Metode Islam.

C_on_G_Sky
C_on_G_Sky

@SetioDarmadi @panca66 @GNFI haha bener..disini liat itu veteran digusur, atlet jual medali..tp bbrp mmg akibat kesalahan pribadiny sendiri.

SetioDarmadi
SetioDarmadi

@C_on_G_Sky @panca66 @GNFI walau gt kesian juga tapi. Mrk kan berjasa mengharumkan negara. Itu sebabnya motivasi berprestasi kurang.

C_on_G_Sky
C_on_G_Sky

@SetioDarmadi @panca66 @GNFI ya maka dari itu...terutama di sepakbola yg di nasionalisai apa gak lebih kasian..lepas warga negara malah beku

SetioDarmadi
SetioDarmadi

@C_on_G_Sky @panca66 @GNFI kalo gt baiknya semua warga sepakbola beserta supporternya bergerak bekukan pemerintah dzalim ini. #BekukanJokowi

C_on_G_Sky
C_on_G_Sky

@SetioDarmadi @panca66 @GNFI yg pasti sdh terpecah...bbrp butuh makan...kompetisi tarkam pun diikuti yg penting makan prestasi no.2...