Dalang Cilik asal GunungKidul akan pentas di Amerika

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Raut wajah gembira tidak bisa disembunyikan dari wajah Gymna Cahyo Nugroho. Sebab, tidak lama lagi dirinya akan terbang ke negara paman Sam untuk mendalang. Bocah 11 tahun ini akan menjadi dalang cilik pertama asal Indonesia yang akan tampil di Amerika Serikat.

Siswa yang naik kelas VI di SD Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul, Yogyakarta, itu akan mendalang di hadapan tamu-tamu Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC dan Konsulat Jenderal di New York pada 25 Juli 2015.
wayang
“Bangga sekaligus senang bisa tampil diluar negri,” kata Gymna, di Gedung Pemkab Gunungkidul, Senin (29/6/2015).

Kisah Gatotkaca yang dikenal dengan Banjaran Gatotkaca adalah kisah yang akan di tampilkan oleh bocah yang lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat, 14 Februari 2004 ini. Cerita Banjaran Gatotkaca mengisahkan saat Gatotkaca lahir hingga meninggal. Pementasannya akan menggunakan bahasa Jawa.

Ia mengakui jika awal ketertarikannya dengan dunia wayang kulit sejak Gymna masih balita. Diusia balita ia memilih wayang sebagai mainannya.

Orang tua Gymna, Teguh Siswanto, akhirnya memasukan Gymna ke sekolah pedalangan di Desa Wiladeg, Wonosari. Selain itu untuk memperdalam pengetahuannya tentang dunia wayang orang tuanya membelika kaset wayang.

Kepopuleran kemampuan mendalang Gymna berawal dari video rekaman penampilannya disalah satu acara di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari yang direkam oleh ayahnya kemudian di unggah ke situs jejaring sosial Youtube. Video ini kemudian ditonton oleh pihak KBRI di Washington DC yang memutuskan untuk mengundangnya untuk pentas di Amerika Serikat.

Gymna saat berlatih dengan wayang Foto: Kismaya Wibowo (Gunungkidulpost, 2014)

Gymna mengaku akan mengeluarkan penampilan terbaiknya ketika di negara Amerika.”Saya juga bisa memainkan beberapa alat musik lainnya seperti gamelan, bass, dan juga kencrung yang membuat penampilan saya nanti akan istimewa,” ucapnya.

disadur dari okezone.com

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ