Pesawat Amfibi OS-Wifanusa karya Anak Bangsa

Written by Akhyari Hananto Administrator at GNFI
Share this
0 shares
Comments
3 replies

Pesawat OS-Wifanusa hasil ciptaan anak bangsa, yakni Indonesia Maritime Institute (IMI) bekerja sama dengan PT.Trimitra Wisesa Abadi telah berhasil membuat versi militernya dan telah melalui serangkaian uji coba di waduk Jatilihur.

Kelebihan dari OS-Wifanusa dibandingkan dengan pesawat tanpa awak lainnya adalah dapat mendarat dan lepas landas baik di darat maupun di air. Di samping itu juga tidak membutuhkan landasan pacu yang panjang sehingga mudah dioperasikan.

Beberapa waktu yang lalu, OS-Wifanusa telah lolos uji sertifikasi oleh Litbang TNI AL dan Tim Mabes TNI di Waduk Jatiluhur, Purwakarta Jawa Barat. Dalam uji sertifikasi tersebut, OS-Wifanusa berhasil menunjukkan performa terbaik, baik dari kestabilan terbang maupun ketepatan system dalam menjalankan misi seperti yang diprogramkan.

“Setelah melalui proses riset yang panjang, OS-Wifanusa akhirnya bisa mendapatkan pengakuan dari institusi negara dalam hal ini Litbang TNI AL,” ujar Direktur Eksekutif IMI, Dr. Y. Paonganan.

Sementara itu Kadislitbangal, Laksma TNI Fedhy E. Wiyana mengungkapkan kebanggaannya atas karya anak bangsa ini. Ia pun optimistis pesawat jenis ini sangat cocok dengan kondisi wilayah NKRI yang didominasi lautan, sehingga dapat dikembangkan untuk digunakan dalam menunjang berbagai aktivitas maritim, baik sipil maupun militer.[wid]

(Republika)

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ