Tanjung Setia, Ombak Setia Peselancar Dunia

Written by Reno Islami Putra Author at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan terletak di ujung pantai barat Lampung. Pantai Tanjung Setia populer ditelinga para peselancar dunia sebagai salah satu pantai dengan ombak terbaiknya.

Surfing at Tanjung Setia
Berjarak sekitar 250 km atau sekitar 6 – 7 jam perjalanan darat dari Kota Bandar Lampung pantai ini seperti sebuah mutiara di pelosok barat Lampung yang termasuk dalam daerah administratif Kabupaten Pesisir Barat.
Tidak sedikit peselancar yang jauh – jauh dari Australia bahkan Eropa yang setia bermain dengan ombak ganasnya yang bersahabat. Para peselancar asing itu biasanya pergi berkelompok dan menghabiskan waktu sekitar 2 minggu.
Meski menghabiskan waktu sekitar setengah hari jalan darat dalam perjalanan dari Bandara Raden Intan Lampung dengan melewati Jalan Lintas Barat Sumatera dipastikan tidak akan bosan. Selepas dari ramainya kota Bandar Lampung akan berhadapan dengan persawahan yang terbentang sepanjang jalan. Setelah sekitar 2 jam perjalanan memasuki kabupaten Tanggamus bakal terlihat rumah – rumah adat asli suku Lampung dengan khas rumah panggungnya.
Tidak sampai disitu, sebelum memasuki kawasan Kabupaten Pesisir Barat dimana pantai tanjung setia berlokasi, perjalanan akan membelah lebatnya hutan hujan tropis Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Udara sejak langsung menyambut dengan mata yang segar memangdang hijaunya hutan.

DSC_9663 Tanjung Setia
Selepas rimbunya hutan akan menemukan kawasan pantai yang eksotis dengan pohon kelapa dan pasir putihnya yang berada disisi jalan Lintas Barat Sumatera ini. Tidak lama kemudian akan terlihat gapura tanda Pantai Tanjung setia tepat disisi kiri jalan utama.
Dari keindahan yang belum terjamah ramai dan lokasi mudah diakses, membuat Pantai Tanjung Setia disebut mutiara tersembunyi yang indah. Perairan dan gelombang yang memanjakan dan menantang dikombinasikan dengan suasananya yang sepi menjadikan pantai ini sebagai tujuan wisata yang sempurna baik untul pencari kegiatan yang memompa adrenalin maupun pencari liburan
Dikawasan Pantai Tanjung Setia ada beberapa cottage dan hotel yang berjejer dibibir pantai. Memasuki kawasan ini langsung berhadapan dengan ramainya peselancar berkulit putih yang mayoritas dari Australia, Selandia Baru dan beberapa negara eropa.

medium_20150405_070101
Ketinggian ombak di Tanjung setia bisa mencapai 6 – 7 meter terutama di bulan Juni hingga Agustus. Selain dibulan itu ombakpun masih bisa mencapai 4 meter. Ombak sempurna bisa mencapai dengan panjang mencapai 200 meter. Kondisi tersebut menjadikan pantai ini sebagai taman bermain para peselancar dari belahan dunia. Mereka para peselancar menemukan habitatnya dengan papan selancar menjajal ombak penuh tantangan.

98Persisir-Barat-Turis2
Sekitar separuh bulan mereka tinggal untuk menunggu ombak besar dan menjemput kelautan. Disinilah persahabatan ombak dan peselancar itu begitu hangat setahun bisa dua sampai tiga kali mereka kembali ketempat ini dengan setianya.

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ