Daerah Kampung Anyar di Banyuwangi punya banyak air terjun cantik, seperti Jagir, Kethegan dan lain sebagainya. Air terjun tersebut tentunya bisa traveler nikmati saat liburan di Banyuwangi. Yuk coba kesegarannya!

Selain pantai, Banyuwangi juga memiliki tempat wisata berupa air terjun. Salah satunya adalah Jagir yang terletak di Kampunganyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Di sekitar Air Terjun Jagir juga ada beberapa air terjun yang tak kalah cantik.

Jarak air terjun cantik ini hanya berkisar 15 km dari pusat Kota Banyuwangi. Dengan waktu tempuh 15-20 menit dengan akses jalan yang bagus. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, para pengunjung tidak dipungut biaya masuk alias gratis.

Pengunjung hanya dikenakan jasa parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Dari tempat parkir, wisatawan diharuskan menuruni anak tangga sekitar 50-100 meter. Setelah itu barulah tiba di air terjun yang sumber airnya berasal bukan dari aliran sungai, tetapi muncul dari balik tebing.

Sumber mata air terjun tersebut oleh masyarakat sekitar diberi nama Jagir, Pawon dan Buyut Ijah. Yang paling menarik adalah Sumber Pawon. Dinamakan Air Terjun Sumber Pawon karena berasal dari mata air yang keluar tepat di belakang pawon atau dapur rumah penduduk.

Di bawah air terjun ini, ada sebuah kolam tempat dimana para pengunjung bisa berenang atau sekedar berendam. Puas bermain di air terjun, jangan beranjak dulu. Masih di lokasi yang sama, ada air terjun lainnya bernama Air Terjun Kethegan.

Dari Air Terjun Jagir jaraknya sekitar 300 m. Banyak tebing indah yang tersaji di sepanjang perjalanan. Tak lama kemudian, tibalah saya di Air Terjun Kethegan.

Airnya dari Sungai Kalibendo. Air Terjun Kethegan memiliki ketinggian dan debit air yang lebih tinggi dibandingkan dengan Air Terjun Jagir. Setelah puas melihat semua air terjun dalam kawasan ini, maka sebaiknya kembali ke tempat parkir.

Jika rasa lapar mendera seusai bermain air tidak perlu khawatir. Saat ini banyak warga yang menjual jajanan dan makanan khas Banyuwangi di sini. Salah satunya yang wajib dicoba adalah rujak soto.

Harganya pun tak mahal, hanya Rp 7.500 traveler sudah bisa menyantap makanan yang lezat ini. Ayo traveler, mari berkunjung ke kawasan Air Terjun Jagir serta Kethegan!

source : http://travel.detik.com/read/2015/06/08/115000/2924536/1025/cari-air-terjun-yang-cantik-di-banyuwangi-ini-tempatnya

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook
READ NEXT
BACK TO TOP
Merah Putih di Tebing Tertinggi Jawa Timur
Merah Putih di Tebing Tertinggi Jawa Timur
Ada banyak cara untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang diperingati secara rutin tiap 17 Agustus. Salah satunya adalah dengan mengibarkan bendera merah putih di
Kreasi Anak-Anak, di Kampung Robot Trenggalek.
Kreasi Anak-Anak, di Kampung Robot Trenggalek.
Teknologi robot saat ini dianggap menjadi salah satu teknologi yang akan mampu mengubah cara kerja dunia di masa depan. Kemajuan teknologi informasi telah mengubah
Fakta Tugu Pahlawan yang Menjadi Wujud Perjuangan Rebut Kemerdekaan
Fakta Tugu Pahlawan yang Menjadi Wujud Perjuangan Rebut Kemerdekaan
Seringkali ketika berkunjung ke suatu kota kita mencari ikon dari kota tersebut misalnya patung, tugu, gong raksasa, monumen atau benda-benda ikonik lainnya. Di sana
Pagoda Termegah dari Tanah Karo
Pagoda Termegah dari Tanah Karo
Sebelumnya mungkin anda mengenal Myanmar sebagai kota seribu pagoda yang memiliki banyak sekali pagoda indah yang bertebaran di penjuru kotanya.Pagoda-pagoda yang tersebar di Myanmar
Berselancar di "Lorong Waktu" kota Malang
Berselancar di "Lorong Waktu" kota Malang
Museum Malang Tempo Doeloe, mendengar namanya memang masih sangat asing di telinga. Saya pun terbilang baru tahu, bahkan salah satu keluarga saya yang rumahnya
De Arca, Madame Tussauds-nya Indonesia
De Arca, Madame Tussauds-nya Indonesia
Tak perlu bingung jika ingin berfoto bersama Jackie Chan, Michael Jackson, para pahlawan atau presiden terkemuka, datang saja ke De Arca Statue Museum Yogyakarta.