Tak terasa bulan suci Ramadhan akan segera datang. Setiap tahunnya, umat Islam memiliki banyak cara unik menyambut bulan suci penuh berkah ini.

Termasuk di Indonesia sendiri yang kebanyakan penduduknya beragama Islam. Di banyak daerah di Tanah Air, penduduknya memiliki aneka tradisi unik untuk menyambut bulan Ramadhan.

Berikut ini beberapa tradisi unik dalam rangka menyambut bulan Ramadhan di Indonesia.

 

 

1. Nyadran

Nyadrah yang disebut juga ziarah kubur merupakan tradisi menyambut Ramadhan yang biasa dilakukan masyarakat Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Setiap orang akan berkunjung ke makam keluarga untuk berziarah sambil mendoakan mereka yang sudah meninggal.

Tradisi ini diwariskan sejak zaman Wali Songo sebagai bentuk akulturasi Islam dengan budaya Jawa yang masih terpengaruh animisme kala itu. Tradisi ini tak hanya dalam bentuk ziarah, tapi juga dilakukan di masjid atau mushala.

(foto: panduanwisata.id)

2. Nyorog

Masyarakat Betawi di Jakarta memiliki tradisi nyorog dalam menyambut bulan Ramadhan. Setiap orang yang hendak melakukan tradisi ini akan mengantarkan bingkisan untuk orang-orang terdekat. Isi bingkisan itu sendiri berupa makanan yang sudah jadi maupun yang masih mentah.

Tradisi ini dilakukan dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar anggota keluarga, kerabat atau tetangga dekat.

3. Munggahan

(foto: blogspot.com)

Dalam rangka menyambut Ramadhan, semua orang berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk saling bermaaf-maafan sambil menikmati sajian khas Ramadhan. Tradisi ini biasanya dilakukan oleh masyarakat Jawa Barat, terutama suku Sunda.

4. Jalur Pacu

(foto: blogspot.com)

Di Riau, terutama di Kabupaten Kuantan Singingi, masyarakatnya memiliki tradisi unik untuk menyambut Ramadhan. Mereka mengadakan lomba mendayung yang dikenal dengan sebagai "Jalur Pacu".

Lombanya cukup sederhana, satu kelompok terdiri dari banyak peserta dan setiap kelompok menggunakan satu perahu. Setiap tim harus bekerja sama mendayung perahu agar bisa sampai ke garis finish lebih dulu. Biasanya, lomba ini diselenggarakan di beberapa sungai di Riau.

5. Apeman

(foto: sosromenduran.com)

Masyarakat di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta juga memiliki tradisi unik untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Tradisi yang dikenal dengan nama apeman atau ruawahan itu dilakukan dengan memasak kue tradisional bernama apem. Kue yang terbuat dari tepung beras ini menyimbolkan permohonan maat atas dosan yang pernah dilakukan.

6. Meugang

(foto: blogspot.com)

Meugang merupakan saat di mana hewan ternak disembelih. Biasanya kegiatan menyembelih hewan ini dilaksanakan dua hari menjelang Ramadhan yang dilakukan masyarakat Aceh. Setelah hewan disembelih, beberapa daging akan dibagikan sementara sebagian lagi disantap ramai-ramai bersama keluarga.

7. Balimau

(foto: zainbie.com)

Balimau atau dalam bahasa Indonesia berarti berlimau, merupakan tradisi unik yang biasa digelar orang Minang menjelang Ramadhan. Masyarakat Minang biasanya menggunakan limau untuk mencuci rambut yang bermakna menyucikan diri menyambut Ramadhan

Viva.co.id
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook
READ NEXT
BACK TO TOP
Hanya di Kediri, Minum Es Pake Sumpit
Hanya di Kediri, Minum Es Pake Sumpit
Makanan mie jelas sudah tidak asing, dan bahkan menjadi makanan favorit bagi beberapa orang. Namun bagaimana dengan es mie asal Kediri? Bagaimana rasanya mie
Burger Belut, Burger yang tak Biasa dari Kota Jogja
Burger Belut, Burger yang tak Biasa dari Kota Jogja
Jika sempat berkunjung ke Yogyakarta, sempatkanlah untuk mampir ke Pusat Oleh-oleh dan Kuliner Belut Godean. Ada banyak jajanan dengan bahan dasar belut di tempat
Siswa SMA Teliti Tempe Untuk Jadi Makanan Luar Angkasa
Siswa SMA Teliti Tempe Untuk Jadi Makanan Luar Angkasa
Angkasa luar memang wilayah yang sangat asing bagi manusia. Itu akibatnya untuk mampu bertahan hidup di atas sana  akan sangat sulit, utamanya dalam hal
7 Perusahaan Indonesia di Daftar 2000 Perusahaan Terbesar Dunia
7 Perusahaan Indonesia di Daftar 2000 Perusahaan Terbesar Dunia
Setiap tahun, Forbes merilis  daftar berupa Global 2000, yang berisikan daftar 2000 perusahaan-perusahaan besar dunia, dinilai dari aset, omzet, laba, market value, dan kapitalisasi pasar.
Pulo Cinta berbentuk hati di Indonesia
Pulo Cinta berbentuk hati di Indonesia
Pulau diatas pasir berbentuk Hati itu terdapat di Gorontalo, kabupaten boalemo. Pulau yang unik itu terlihat berbentuk hati jika dilihat dari atas (google map)/satelitPulo ini
Selamat Bertugas Pasukan Perdamaian Indonesia untuk Sudan
Selamat Bertugas Pasukan Perdamaian Indonesia untuk Sudan
Keterlibatan Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dilakukan dengan tindakan yang nyata dengan mengirimkan pasukan TNI di beberapa tempat. Seperti misi di Sudan, sebanyak 800 personel