Mandi Belimau, Tradisi Menyambut Ramadhan di Negeri Laskar Pelangi

Written by A.R. Asrari Puadi Author at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Bulan Ramadhan merupakan moment yang sangat di nanti-nanti bagi umat Islam, berbagai cara dilakukan untuk menyambut bulan penuh berkah ini. Di Bangka Belitung negeri laskar pelangi ini punya tradisi unik untuk menyambut bulan Ramadhan.

Mandi Belimau, tradisi yang ada di kecamatan Merawang ini dilakukan 1 minggu sebelum puasa Ramadhan dimulai, upacara ini dimaksudkan sebagai upaya pembersihan diri menjelang berpuasa di bulan Ramadhan .

Prosesi Mandi Belimau

Prosesi Mandi Belimau

Upacara ini diawali dengan kegiatan napak tilas dengan melakukan ziarah dan tabur bunga di makam Depati Bunter, Desa Kimak yang ditempuh dengan menggunakan perahu motor untuk menyeberang sungai. Setelah melakukan ziarah kemudian pulang kembali dan menuju Dusun Limbung Desa Jada Bahrin untuk melakukan ritual Mandi Belimau.

Ritual Adat Mandi Belimau yang sudah ada beberapa ratus tahun yang lalu ini dimulai dengan melafalkan niat yang disertai doa yang dipimpin oleh Pemuka Adat. Masyarakat yang ingin dimandikan sebelumnya dianjurkan terlebih dahulu berdoa apa saja untuk kebaikan mereka, selanjutnya  dilakukan pelaksanaan mandi di depan Sungai Limbung, yang dimulai dengan membasahi telapak tangan dari kanan dan kiri, kemudian kaki kanan dan kiri yang diteruskan membasahi ubun-ubun dan seluruh anggota tubuh dengan siraman air yang dicampur dengan jeruk limau yang disimpan dalam gentong air.

Ritual adat Mandi Belimau ini adalah simbol-simbol tradisi yang baik untuk perenungan dan pensucian diri baik lahir maupun batin, hal ini diharapkan mampu diaplikasikan bukan saja hanya saat ritual berlangsung namun juga dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana dengan daerahmu, punya tradisi unik apa menyambut bulan Ramadhan ?

 

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ