Pertama di Indonesia, Kota Bogor Miliki Peta Angkot Digital

Written by Akhyari Hananto Administrator at GNFI
Share this
0 shares
Comments
3 replies

Kota Bogor, Jawa Barat menjadi kota pertama di Indonesia yang memiliki peta rute angkot, baik peta digital yang bisa diakses melalui jaringan mobile, maupun peta cetak.

“Peta rute angkot ini akan kami luncurkan 4 Juni mendatang, sebagai kado Hari Jadi Bogor ke-533,” kata Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Bogor, Encep Moch Ali Alhamidi.

Encep menyebutkan, peta rute angkot digital dan cetak ini dibuat khusus oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) melalui program orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lembaga milik pemerintah tersebut.

“Dengan peta rute angkot ini memberikan kemudahan informasi bagi para pengunjung yang datang ke Kota Bogor. Mereka bisa mengakses informasi rute angkot melalui alat komunikasi mobil,” katanya.

Encep mangatakan, hadirnya peta rute angkot selain untuk memberikan kemudahan, kenyamanan dan mempercepat pelayanan Pemerintah Kota Bogor kepada masyarakat. Sekaligus juga bagian dari mewujudkan “Smart City”.

“Peta digital dan cetak rute angkot ini juga membantu Pemerintah Kota Bogor dalam program ‘rerouting’ angkot yang sedang disiapkan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Orientasi CPNS BIG, Suharlan menjelaskan, pembuatan peta cetak dan digital rute angkot Kota Bogor merupakan salah satu program dalam masa orientasi CPNS BIG.

“Pembuatan peta digital dan cetak rute angkot Kota Bogor ini berlangsung selama tiga bulan, dalam rangka orientasi CPNS BIG sebagai kontribusi yang dilakukan untuk masyarakat di sekitar BIG,” katanya.

Ia mengatakan pembuatan peta rute angkot Kota Bogor melibatkan 73 orang CPNS BIG yang dibagi tugas sesuai dengan tupoksinya, seperti ada yang bertugas dalam mengolah data digital, survei lapangan, dan pembuatan program petanya.

“Kegiatan ini bagian dari program kontribusi jangka panjang (long live contribution) BIG terhadap masyarakat sekitarnya,” katanya.

Arini Fadilah selaku Struktural Kepegawaian BIG menambahkan, pihaknya memilih membuat peta rute angkot karena sangat berhubungan langsung dengan permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Kota setempat.

“Kenapa peta rute angkot, karena kami melakukan survei bahwa angkot ini menjadi persoala serius yang sedang dihadapi oleh Pemerintah Kota Bogor,” katanya.

Koordinator pembuatan Peta rute angkot BIG, Aldila Franda menambahkan, peta digital dapat diakses melalui internet di laman angkotkotabogor.big.go.id.

“Peta digital ini bekerja mirip seperti “googlemap”, selain informasi angkot ada 11 informasi lainnya yang tersedia, seperti kuliner, pusat perbelanjaan, restoran, sarana olah raga, dan fasilitas umum lainnya,” kata dia. (Antara)

 
6 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ
nyonya_rion
nyonya_rion

@GNFI Foto bemotong lebih tepat untuk buah lahung, yang saat dibuka biasanya posisi horizontal, tidak seperti lai, durian atau kerantungan

nyonya_rion
nyonya_rion

@GNFI Min.. Maaf, ada beberapa yang kurang sesuai, Buah bemotong setau kami berbentuk bulat kecil seukuran kelingking berwarna merah gelap

mamenn
mamenn

Konten artikelnya sangat bagus!
untuk penulisannya semoga diperbaiki lagi, karena saya bingung baca beberapa bagiannya ^^

yogario_
yogario_

@GNFI kita? orang jawa pling yg nga pernah liat

Salehmahmud
Salehmahmud

Kasturi, buah yang manis walau bentuknya kecil, mirip seperti mangga. Tetapi wanginya yang khas tidak akan bisa di duakan..

Salehmahmud
Salehmahmud

Buah karantongan, bukan karatongan. Buahnya mirip durian, tetapi bentuknya lebih kecil, dan durinya lebih panjang dari durian. Rasanya dan isi mirip sekali dengan durian. Yang unik cara membelahnya hrus horisontal, karena dia memiliki sekat hapatan yang rapat