Bersiaplah! Setelah membuka kantor cabang dan sub branch di 6 negara, BNI 46 akan segera membuka kantor cabang di Korea Selatan pada akhir tahun 2015 ini.

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) berencana meresmikan pembukaan kantor cabang di Korea Selatan (Korsel) pada kuartal IV 2015. Manajemen akan memberikan modal kerja awal US$ 100 juta untuk kantor cabang pertamanya di negeri Gingseng tersebut.

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni mengatakan, rencana untuk membuka kantor cabang di Korsel dimulai sejak 2 Oktober 2014 ketika perseroan mengajukan surat permohonan izin pembukaan cabang di Korsel kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Surat tersebut telah di respons dengan persetujuan dari OJK pada 21 November 2014, bahwa BNI bisa membuka cabang di Seoul.

OJK kemudian berjanji akan memfasilitasi bank asal Indonesia membuka kantor cabang di Korea Selatan sebagai bagian dari prinsip resiprokal dengan Financial Supervisory Commission (FSC) Korsel. Menurut Baiquni, jalan bagi BNI untuk segera membuka kantor cabang di Seoul semakin terbuka setelah OJK menandatangani perjanjian kerjasama pengawasan dengan FSS dan FSC Korsel di Jakarta, Kamis (16/4).

“Targetnya kuartal IV 2015 sudah beroperasi dengan modal awal US$ 100 juta,” ujar Baiquni melalui siaran pers dikutip Sabtu (18/4).

Dia menjelaskan, alasan perseroan membuka cabang di negara asal grup musik Super Junior tersebut adalah untuk membidik transaksi remitansi yang sering dilakukan perusahaan-perusahaan Korsel yang memiliki bisnis di Indonesia dan sebaliknya.

Baiquni mencatat pada 2013, ada lebih dari 48 ribu ekspatriat asal Korsel yang bekerja di Indonesia dan banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Korsel.

“Sehingga terbuka peluang bisnis remitansi baik incomingtransfer (ITR) ke Indonesia maupun outgoing transfer (OTR) ke Korsel,” jelasnya.

BNI Seoul juga dapat menjadi jembatan antara pengusaha Indonesia yang ingin mengembangkan bisnisnya di Korsel dan sebaliknya. Selain melayani transaksi remitansi, Baiquni mengatakan BNI juga akan mengembangkan layanannya pada jasa-jasa perbankan lain, mulai dari Trade Finance (seperti pembukaan Letter of Credit), Treasury, forfainting, hingga Offshore Loan.

“Bahkan tidak menutup kemungkinan pembukaan ATM di Seoul. Dengan demikian, komitmen BNI untuk membuka peluang bisnis lintas batas dan memecahkan hambatan-hambatannya dapat terwujud,” ujar Baiquni.

BNI Seoul akan menambah cakupan layanan BNI di luar negeri. Saat ini, BNI memiliki lima kantor cabang di luar negeri; yaitu di London, New York, Tokyo, Singapura, Hong Kong; satu sub branch di Osaka; Limited Purpose Branch di Singapura; dan satu anak perusahaan di Hong Kong, BNI Remittance Limited, yang khusus menangani transaksi kiriman uang.

BNI juga mempekerjakan remittance representative officer yang tersebar di Malaysia, Korea Selatan, Qatar, Bahrain, Uni Emirat Arab, Belanda dan Amerika Serikat.

 

sumber: CNN Indonesia

foto: BNI London
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook
READ NEXT
BACK TO TOP
Bukit ini Mirip dengan Bukit di Windows XP
Bukit ini Mirip dengan Bukit di Windows XP
Bukit Rimpi yang juga disebut bukit Teletubbies ini terletak di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut. Kira-kira dapat ditempuh selama 30 menit dari Kota Pelaihari dengan
Ini Dia 9 Aplikasi Andalan Anak Bangsa II-Habis
Ini Dia 9 Aplikasi Andalan Anak Bangsa II-Habis
Setelah dipaparkan aplikasi-aplikasi andalan Anak Bangsa edisi pertama, berikut adalah aplikasi-aplikasi lain yang juga tidak kalah berguna seperti aplikasi sebelumnya. Aplikasi-aplikasi berikut merupakan aplikasi
Menurut Orang Russia, Pulau Terindah di Dunia ada di Indonesia
Menurut Orang Russia, Pulau Terindah di Dunia ada di Indonesia
Indonesia telah merebut hati warga Rusia, di mana salah satu pulaunya menjadi pulau terindah 2015, menurut mereka.Dalam penghargaan Condé Nast Traveler di Moskow, Rusia, Bali
Benarkah Candi di Gunung Lawu ini Lebih Tua dari Candi-candi Suku Maya?
Benarkah Candi di Gunung Lawu ini Lebih Tua dari Candi-candi Suku Maya?
Gunung Lawu yang terletak di perbatasan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan Magetan, Jawa Timur menyimpan sejuta misteri. Tak hanya Gunung Lawu yang penuh dengan
Candi Sukuh, Sebuah Warisan Nenek Moyang di Lereng Gunung Lawu
Candi Sukuh, Sebuah Warisan Nenek Moyang di Lereng Gunung Lawu
Gunung Lawu merupakan sebuah gunung yang terletak di perbatasan propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di propinsi Jawa Tengah, gunung ini berada di kabupaten
Film Horor Indonesia Diminati Orang Mancanegara
Film Horor Indonesia Diminati Orang Mancanegara
Keberadaan hantu sering kali hanya memicu debat kusir yang tidak ada akhirnya. Diskusi tentang makhluk tersebut punt selalu berakhir dengan dua kubu yang terpecah,