Tinggal di Bandung? Pengen ke pantai? Ahh, jauh!

Siapa bilang? Pantai-pantai dibawah ini bisa dicapai dengan berkendara empat  hingga tujuh jam dari Bandung. Siap? Inilah mereka!

(all photo copyrighted to Wira Nurmansyah | @wiranurmansyah | wiranurmansyah.com)

1. Pantai Santolo

Terletak di pameungpeuk, Garut. Menurut saya, pantai ini paling dekat dengan Bandung. Perjalanan sekitar 4 sampai 5 jam. Biasanya saya berangkat pukul 12 malam, dan tiba disana pas adzan subuh. Pantainya masih sangat alami, jadi jangan harap ada banana boat disini. Disini juga ada markas LAPAN, jadi jangan kaget kalo tiba-tiba ada roket percobaan jatuh ke laut!

pantai santolo

pantai santolo

2. Pantai Sayang Heulang

Tidak jauh dari pantai santolo, Jika ingin melihat matahari terbit, sebaiknya datang ke sayang heulang terlebih dahulu. Ombak di pantai ini jauh lebih besar dan sangat worthed buat yang suka foto selow sepid. Yang paling saya ingat disini adalah harga kelapa muda lebih murah daripada aqua 600mL!

pantai sayang heulang

3. Pantai Rancabuaya

Masih di Garut, arahkan 20 km ke timur dari sayang heulang makan kita akan tiba di pantai Rancabuaya. Sunset disini sangatlah eksotis. Bintang pada malam hari juga sangat menawan. Disini banyak saung-saung di pinggir pantai untuk tempat makan dan beristirahat.

rancabuaya

rancabuaya

4. Pantai Ciantir

Kita beralih ke Banten, mungkin agak jauh dari Bandung, sekitar 7 jam perjalanan. Tapi perjalanan kita akan terbayar oleh keindahan pantai pasir putih Ciantir, pasirnya sangat luas dan lembut kayak tepung terigu! Pantai Ciantir adalah pantai di Desa Sawarna, Bayah, Banten.

ciantir

 

5. Pantai Tanjung Layar

Masih di Desa Sawarnya, dua kilometer dari pantai ciantir kita akan menemui pantai tanjung layar. Uniknya, pantai ini tidak lagi berpasir, tetapi berbatu karang. Ada karang yang sangat besar sekali disini, tingginya mencapai 20 meter lebih. Disini ada beberapa warung kopi dan saung untuk beristirahat.

tanjung layar

 

6. Pantai Ujung Genteng

Terletak di Sukabumi, sekitar 6 jam perjalanan dari Bandung. Banyak aktivitas nelayan disini karena ujung genteng merupakan desa nelayan. Pelelangan ikan juga dapat kita temui pada pagi hari disini. Dari ujung genteng, banyak pantai-pantai yang jauh lebih menarik yang bisa dikunjungi.

7. Pantai Pangumbahan

Dari ujung genteng, sekitar 5 kilometer ke arah barat daya, kita akan menemui pantai pangumbahan. Pantai ini mempunyai pasir yang putih seperti pantai ciantir, juga ombak yang besar.

Hal menarik yang bisa kita temui disini adalah penangkaran penyu. Pada waktu-waktu tertentu di sore hari kita bisa melihat pelepasan anak penyu ke lautan lepas, dan juga penyu dewasa yang bertelur pada malam hari.

pangumbahan

8. Pantai Kepulauan seribu

Ini Jakarta lho! Banyak sekali pantai disini. Tapi saran saya, pilihlah yang paling ujung! Karena jauh dari keramaian dan masih sangat alami seperti pulau pari atau pulau perak.

pulau perak

Dermaga Pulau Perak oleh Niken Andriani

9. Pantai pangandaran

Ini pantai yang paling jauh, dan paling komersil diantara pantai-pantai diatas. Jika anda seorang traveler yang tourist,pangandaran bisa menjadi pilihan. Pantai-pantai yang saya sebutkan sebelum ini cocok jika anda berjiwa backpacker.

pangandaran

10. Pantai di pulau Peucang

Ini jauuuuhh sekali. Tetapi mungkin pantainya paling oke se-jawa barat. Terletak di taman nasional ujung kulon. Pasirnya putih bangett!

Saya belum pernah kesini jadi masuk wishlist dulu. Kali aja bisa berenang bareng badak ujung kulon, hehe!

Akhirnya udah semua, sih. :D

Pulau Peucang

Pulau Peucang
Ayo ke pantai!

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook
READ NEXT
BACK TO TOP