Sebuah fenomena alam di Kelurahan Teluk Meranti, Semananjung Kuala Kampar, Kabupaten, Riau kini telah menjadi objek wisata turis mancanegara. Keberadaannya diburu oleh para pecinta olahraga menantang macam berselancar atau surfing.

Adalah gelombang "Bono", fenomena alam yang terjadi karena pertemuan dua arus dari sungai dan arus laut dari muara. Fenomena ini menjadi surga tersendiri bagi para peselancar untuk menjajal gulungan ombak yang tak terputus tersebut. Lokasi objek wisata ini berjarak sekitar 135 kilometer dari Kota Pekanbaru.

Fenomena Bono, Gelombang 7 Hantu dari Riau

Dunia mengenalnya dengan sebutan "The Seven Ghost" atau "Gelombang 7 Hantu", lantaran rupanya yang berwujud ombak panjang yang datang secara bersamaan dan bisa mematikan. Gelombang yang dihasilkan dari peristiwa alam itu, bisa mencapai tujuh gelombang berurutan dan menciptakan kubah layaknya ombak laut yang begitu mengesankaan. Keunikan lainnya, adalah saat air laut bertemu dengan aliran sungai, maka secara alami akan terjadi gelombang tinggi disertai dentuman keras seperti suara petir disaat badai dengan diiringi hembusan angin kencang.

The Seven Ghost ini mulai populer dikalangan para surfer sejak tahun 2010 silam, kala itu sebuah produsen olahraga selancar internasional mendokumentasikan "Bono" untuk keperluan pariwara.

Puncak kunjungan wisatawan asing akan terjadi pada bulan November karena gelombang ombak berada pada posisi paling tinggi yakni mencapai empat hingga enam meter.

Tercatat, surfer-surfer asal Perancis, Brazil, Inggris, Kanda, Belgia, Amerika Serikat, Australia, Singapura pernah menjajal kesaktian The Seven Ghost ini. Pada Februari lalu, seorang surfer beken asal Inggris, Steve King turut mencoba kedahsyatan Gelombang 7 Hantu ini> Ia berhasil memecahkan rekor dunia Guinnes World Records dengan jarak dan waktu surfing terlama. Steve King ditemani oleh dua temannya yang juga berasal dari Inggris, yakni Steve Holmes dan Nathan Maurice berhasil berselancar di atas gelombang 'Bono' dalam waktu 1 jam 4 menit menempuh jarak sekitar 20,65 km (12,8 mil).

Catatan rekor ini mengalahkan rekor Guinness World of Records sebelumnya (atas namanya sendiri) tahun 2006 dimana ia berselancar di atas gelombang Sungai Severn Bore, Inggris. Saat itu Steve menorehkan catatan berjarak 12,23 km (7,6 mil) ditambah 2,66 (1,65 mil) dengan waktu tempuh 1 jam 6 menit.

Untuk mengakses fenomena ini memang terbilang tidak mudah. Dari Pekanbaru, Anda harus menuju ke Pangkalan Kerinci sejauh 70 Km, kemudian naik speed boat ke desa di Pulau Muda dengan lama perjalanan sekitar 5 jam hingga ke Sungai Kampar.

 

(Siperubahan.com)
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook
READ NEXT
BACK TO TOP
Kalahkan Singapura dan Malaysia, Perusahaan Indonesia ini Bernilai Tertinggi di Asia Tenggara
Kalahkan Singapura dan Malaysia, Perusahaan Indonesia ini Bernilai Tertinggi di Asia Tenggara
Kabar membanggakan. Benar-benar membanggakan. Perusahaan telekomunikasi dengan brand value tertinggi di Asia Tenggara, lagi-lagi dipegang oleh perusahaan Indonesia.
Menerjang Deru Alam Berusia 4.5 Milyar Tahun!
Menerjang Deru Alam Berusia 4.5 Milyar Tahun!
Jika ingin mengenal alam Pulau Sulawesi, tak ada cara yang lebih baik selain melihatnya langsung, dengan menembusnya. Tidak ada pulau yang seunik Sulawesi, yang penuh
Kakak Beradik Anak Bangsa Raih Emas di Ajang Robot Internasional
Kakak Beradik Anak Bangsa Raih Emas di Ajang Robot Internasional
Anak-anak bangsa Indonesia kembali mencatatkan prestasi membanggakan.  Syahrozad Nalfa Nadia (9) dan Avicenna Roghid Putra Sidik (6), dua siswa madrasah ini berhasil mencatatkan namanya
Diakui Dunia, Indonesia Dipercaya Latih Polisi Afghanistan
Diakui Dunia, Indonesia Dipercaya Latih Polisi Afghanistan
Upaya Indonesia untuk berperan dalam kedamaian dunia diwujudkan dengan berbagai program perdamaian. Salah satunya adalah dengan menjalankan program kerjasama dengan Afghanistan. Bentuk kerjasama tersebut
Perusahaan Telekomunikasi RI ini Raih Rating AAA
Perusahaan Telekomunikasi RI ini Raih Rating AAA
Performa BUMN Republik Indonesia yang baik turut menjadi indikator peningkatan kualitas pelayanan negara terhadap rakyatnya. Selain negara mendapatkan tambahan pendapatan, pemerintah juga dapat berperan
"Revolusi Online" untuk Pendidikan Indonesia !
"Revolusi Online" untuk Pendidikan Indonesia !
Bahan baku utama kertas berasal dari pohon atau kayu. Pohon-pohon itu baru dapat diolah menjadi kertas setelah berumur 5 sampai 10 tahun. Selain itu untuk