ampiang dadiah copy

By : Asro Suardi (Asro Sikumbang Minangkabau)

Siapa yang tidak mengenal yoghurt, minuman fermentasi yang rasanya asam ini sangat banyak digemari. Yoghurt merupakan minuman yang terbuat dari susu dan melalui proses fermentasi sehingga menjadikan minuman yang sehat. Yoghurt sangat banyak menjadi konsumsi masyarakat di Negara – Negara lain.

Namun yoghurt yang kita kenal selama ini adalah yoghurt yang berasal dari produksi luar negeri. Dan bisa saja kita anggap yoghurt merupakan hasil kuliner yang berasal dari luar negeri.

Patut berbangga kita, karena kuliner yoghurt juga ada yang berasal dari Indonesia. Minuman ini menjadi salah satu kebanggaan kuliner tradisional masyarakat Minangkabau / Sumatera Barat. Minuman ini merupakan hasil fermentasi dari susu kerbau. Dan bahan susu yang digunakan adalah susu kerbau.

Dadiah, itulah yoghurt from Minangkabau.

1358120624dadiah

Dadiah telah dikenal masyarakat Minangkabau/Sumatera Barat. Dari segi bahasa dadiah memiliki kemiripan dengan dudh1, bahasa etnis Sindhi2 (India dan Pakistan). Namun kebiasan orang Persia memakan susu fermentasi dengan mentimun dan bawang merah mirip dengan kebiasan memakan dadiah orang Minangkabau pada masa dahulu. Kuliner ini merupakan kuliner tradisional. Dadiah merupakan hasil dari fermentasi susu kerbau yang kenyal dan berbentuk seperti bubur putih. Pembuatan dadiah juga sangat unik, karena menggunakan alat tradisional dan proses tradisional. Kuliner ini dibuat dan ditempatkan pada wadah yang berasal dari alam. Susu yang akan menjadi dadiah dituangkan kedalam potongan bamboo yang telah dibakar yang menyerupai gelas dan ditutup dengan daun pisang atau daun waru. Proses fermentasi dadiah juga tidak menggunakan bahan dan proses modern. Susu yang telah dituang akan melalui proses fermentasi secara alamiah di dalam bambu. Hanya menunggu waktu satu hari susu melalui proses fermentasi dan pembekuan di dalam bambu.

Dadiah dapat dinikmati langsung, akan tetapi biasanya dadiah juga dinikmati juga dengan ketan,emping dan gula merah. Selain itu dadiah juga merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam proses pembuatan gulai kambing. Dadiah juga dapat dijadikan sebagai lauk pendamping nasi

ampiang dadiah copy

Dari beberapa penelitian diketahui bahwa dadih mengandung bakteri baik yaitu asam laktat (Lactobacillus casei) yang potensial sebagai probiotik. Asam laktat di dalam dadih berperan dalam pembentukan tekstur dan cita rasa. Bakteri asam laktat dan produk turunannya mampu mencegah timbulnya berbagai penyakit seperti mencegah enterik bakteri patogen, menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, mencegah kanker usus, anti mutagen, anti karsinogenik, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, dadih diduga efektif sebagai antivaginitis.

dadiah-yogurt-khas-minang-dari-susu-kerbau

Yoghurt ini sudah ada di banyak negara sejak dulu. Tapi tidak jelas negara mana yang pertama menciptakan makanan ini. Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedele. Di dunia dikenal beberapa jenis yogurt sebagai berikut ini.

  1. Dadiah dari Sumatera Barat
  2. Dahi dari India
  3. Labneh dari Lebanon, merupakan yoghurt yang dipadatkan.
  4. Bulgarian dari Bulgaria, kadar airnya sedikit sehingga mirip krim keju.
  5. Lassi dari India, berupa minuman
  6. Kefir dari Kaukusus, berupa minuman

Satu lagi bentuk kuliner tradisional yang unik dan Khas. Berasal dari Minangkabau/Sumatera Barat dan mengisi keragaman Kuliner Tradisional Nusantara/Indonesia.

Dadiah, Yoghurt from Minangkabau. Yoghurt Asli Indonesia

Taste From Indonesia

Proud Indonesia

 

Kata Kunci : Yoghurt, Dadiah, Kuliner Tradisional, Minangkabau

Glosarium :

1Dudh (doodh) : Susu

2Sindhi : Kaum beragama Hindu dan berasal dari wilayah Sindh (Pakistan)

Referensi Data :

  1. Wikipedia / Dadiah
  2. http://studindia.kunci.or.id
  3. http://nasbahrygallery1.blogspot.com

Sumber Foto :

  1. http://cdn.klimg.com/merdeka.com
  2. http://nasbahrygallery1.blogspot.com