Jalan Munir di Den Haag

Written by Farah Fitriani Editor at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Nama pejuang hak asasi manusia (HAM) asal Indonesia, almarhum Munir Said Thalib atau akrab disapa Munir akan diabadikan sebagai salah satu nama jalan oleh Pemerintah Kota Den Haag di Belanda.

Jalan tersebut bernama Munirpad yang baru diresmikan 14 April oleh Wali Kota Den Haag. Nama Munirpad, akan di letakkan di sebuah jalan sepeda yang berada dalam komplek nama-nama pejuang HAM dunia. Seperti Marthin Luther King, Nelson Mandela, Salvador Allende dan Bunda Theresa.

“Ini luar biasa ketika negara yang selama ini menjadi pusat peradilan internasional nama Munir diabadikan di sana,” ujar Istri Munir, Suciwati, di Kantor Kontras, Ahad (11/4).

Pengabadian nama Munir di Den Haag, menurut Suciwati, merupakan warning bagi Indonesia.

Karena itu, Suciwati mengharapkan kepada semua elemen masyarakat Indonesia untuk mendorong pemerintah melakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran HAM. Kejahatan HAM, Suciwati menegaskan, tidak akan pernah selesai.

Pemberian nama jalan ini, menurut Suciwati memang sudah dijanjikan oleh Wali Kota Den Haag. Janji itu terjadi ketika, Suciwati datang ke Belanda untuk menyaksikan film tentang HAM pada tahun 2011 lalu.

Suciwati, ikut meresmikan secara langsung nama jalan Munirpad di Den Haag, Belanda bersama Wali Kota Den Haag.
Disamping meresmikan nama jalan Munirpad, Suciwati juga menjadi pembicara terkait perjakan suaminya dalam memperjuangkan HAM.

disadur dari REPUBLIKA

Written by Farah Fitriani Editor at GNFI

a single young woman full of spirit in making a better Indonesia. an undergraduate student in Faculty of Law, Padjadjaran University, Bandung, Indonesia who is now being an exchange student in Rikkyo University, Tokyo, Japan. english teacher and a lecturer's assistant at College of Business, Rikkyo University. you can contact her by mentioning @farafit in twitter or adding farahfitrianifaruq to have a little chitchat via GTalk.

 
2 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ
sigandung
sigandung

@GNFI wah mengundang selera nih dimana tuh bs kita dptkan...?

peta_mudik
peta_mudik

#kuliner RT @GNFI Kudapan legendaris nan segar khas jogja untuk berbuka puasa. bit.ly/1K3ZMiO pic.twitter.com/zcODGqN9Sh