Sebuah pulau tidak berpenghuni dengan luas yang tidak seberapa siap menyuguhkan bingkisan pulau tropis nan indah di Sumatera Barat. Pulau Pasumpahan adalah tujuannya, temukan lokasinya di perairan Kecamatan Bungus, Teluk Kabung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Kota Padang di pantai barat Pulau Sumatera menyuguhkan garis pantai sepanjang 84 kilometer dengan 19 pulau indah untuk disambangi di sekitarannya.

Pulau Pasumpahan adalah pulau cantik yang mudah diakses dari Kota Padang. Pulau ini dipercaya warga sekitar merupakan jelmaan Malin Kundang yang disumpah (dikutuk) ibunya menjadi batu. Penduduk meyakini bahwa Malin Kundang dikutuk menjadi batu di pulau ini karena terkait nama ‘pasumpahan’.

Pulau Pasumpahan yang seluas 5 hektar memiliki hamparan pasir putih dengan air laut yang bening. Menariknya, permukaan laut pulau ini seperti terbagi tiga. Warna bening di pinggir, hijau di depannya, dan membiru pada bagian yang lebih ke tengah. Tingkat kedalaman perairan laut di sekitar pulau adalah penyebab perbedaan warna tersebut.

Sekitaran perairan pulau ini diperkaya beragamnya habitat laut termasuk diantaranya red lionfish (Pterois volitans), penyu, teripang, serta sotong (Sepia sp).

Selain pulau tropis dengan hamparan pasir putih, pulau ini memiliki daya tarik utama berupa ekosistem bawah laut yang indah. Terumbu karangnya mencukupi untuk dinikmati dengan menyelam atau snorkeling. Ada berbagai jenis ikan karang dan utamanya adalah sekira 21 jenis ikan kepe-kepe yang didominasi oleh Chaetodon trifascialis.

Dermaga di pulau ini memiliki tiang dari batang kayu kelapa. Landasannya terbuat dari balok kusam. Meski tidaklah sebegitu kokoh karena termakan usia, di sekitarannya berkumpul ikan-ikan kecil. Tidak jauh dari dermaga, terdapat hamparan kecil hutan mangrove.

Anda bisa berenang mengelilingi Pulau Pasumpahan di beberapa bagian. Apabila Anda berhasrat mengelilingi pulau ini dengan berenang maka memungkinkan karena arusnya cukup tenang. Perlu waktu selama 2 jam untuk mengelilingi pulau ini dari sisi timur menuju utaranya.

Apabila Anda ingin berkeliling untuk menemukan titik menyelam maka bisa menyambangi Pulau Gosong, Pulau Ular, Pulau Sirandah, dan Pulan Pandan.

Bagaimana cara mencapai pulau ini?

Pulau Pasumpahan berada di pantai barat Kota Padang. Lokasinya di sebelah barat Pulau Setan Kecil atau 200 meter dari Pulau Sikuai. Persisnya di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

Untuk mencapai Pasumpahan dari Sungai Pisang adalah dengan perahu kayu atau speedboat sekira 20 menit dengan ongkos Rp35 ribu per orang pulang-pergi. Bisa juga bernoegosiasi menyewa perahu dengan harga sewa Rp75 ribu dengan kapasitas 10 orang.

Apabila Anda ingin langsung menuju Pulau Pasumpahan Kota Padang maka dapat pula menyewa perahu nelayan dari Pelabuhan Teluk Bayur.

foto dan saduran dari Indonesia Travel
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Kota-kota Plat AG Bakal Punya Bandara?
Kota-kota Plat AG Bakal Punya Bandara?
Pembangunan insfratruktur transportasi masal terus berkembang di berbagai tempat di Indonesia. Bandara sebagai salah satu aspek penting dalam mobilitas masyarakat dengan waktu tempuh yang singkat menjadi sesuatu yang dipandang penting bagi beberapa kota strategis di Indonesia. Tidak terkecuali bagi wilayah eks Karesidenan Kediri yang direncanakan bakal memiliki bandara baru. Pembangunan bandar
Ini Dia Paguyuban Nama Asep se-Dunia
Ini Dia Paguyuban Nama Asep se-Dunia
Lahirnya Paguyuban Asep Dunia (PAD) ini muncul sejak tahun 2008 melalui jejaring sosial, digagas pertama kali oleh Asep Iwan Gunawan yang penasaran dan kemudian membuat sebuah group : "How Many Asep There Are in Facebook?".
Tunnel Aquarium Pulau Putri
Tunnel Aquarium Pulau Putri
Kepulauan Seribu merupakan gugusan kepulauan yang terletak di sebelah utara Jakarta, tepat berhadapan dengan teluk Jakarta. Kepulauan Seribu tidak hanya memiliki keindahan bawah air, tetapi juga memiliki potensi wisata sejarah yang tidak kurang menariknya bila dikemas dengan baik. Dengan pengembangan pariwisata sejarah dan budaya, Kepulauan Seribu akan mampu menjadi daerah
Membangun Konektivitas, Membangun Masa Depan Indonesia Proyek-Proyek Infrastuktur Utama 2015-2019
Membangun Konektivitas, Membangun Masa Depan Indonesia Proyek-Proyek Infrastuktur Utama 2015-2019
INFOGRAFIS 8 hours ago
 Dua Mahasiswa Jogja ini Juara Se-ASEAN Berkat ini
Dua Mahasiswa Jogja ini Juara Se-ASEAN Berkat ini
Muhammadiyah Yogyakarta Wearable Artificial Kidney yang kemudian disingkat MY-WAK merupakan desain alat hemodialisis (alat cuci darah) yang bentuknya seperti tas pinggang yang bisa dipakai dan dibawa kemana-mana.
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Saya memang sering ke Maluku Utara, mulai dari Ternate hingga Tobelo dan Morotai, sudah saya singgahi. Namun ada yang belum sempat saya kunjungi, dan dari dulu sangat ingin pergi ke sana. Namanya kepulauan Sula. Kepulauan ini adalah wilayah paling selatan propinsi Maluku Utara, sebuah propinsi yang dulu sering