Di Indonesia, profesi sebagai animator memang tidak terlalu populer. Padahal perannya sangat penting untuk menghadirkan visual dan efek yang spektakuler pada sebuah film. Dari sekian banyak animator andal dunia, ternyata terselip beberapa anak bangsa yang tak kalah garang. Mereka mampu bersaing di level dunia dan terlibat di film internasional. Siapa sajakah mereka?

1. Andre Surya

5 Animator Indonesia di Kancah Film Dunia

via twitter.com

Pria kelahiran Jakarta, 1 Oktober 1984 ini merupakan putra bangsa yang terlibat dalam film besar seperti 'Transformer', 'Iron Man', 'Star Trek', dan 'Terminator Salvation'.

Ia merupakan satu-satunya digital artist asal Indonesia di divisi Industrial Light and Magic (ILM) Lucasfilm Singapore. Di film-film itu, Andre lebih banyak berperan mengerjakan bagian lighting, proses kreatif yang membuat nuansa tiga dimensi terlihat menarik dan menyatu dengan background aslinya dalam lingkup posisi cahaya.

2. Griselda Sastrawinata

5 Animator Indonesia di Kancah Film Dunia

via animationxpress.com

Wanita inilah yang berada di balik kesuksesan film animasi 'Shrek'. Griselda merupakan satu dari lima perempuan yang bekerja sebagai seniwati di Dreamworks. Selain bekerja di Dreamwork, hobi menggambar yang ditekuninya sejak dini, membawa Griselda menjadi pengajar di Art Center College of Design (ACCD), Pasadena, California, Amerika Serikat.

3. Christiawan Lie

5 Animator Indonesia di Kancah Film Dunia

via wiqcare

Ada dua negara yang paling menonjol dalam pembuatan komik berkualitas, yakni Amerika dan Jepang. Tapi tunggu dulu, di balik nama besar kedua negara itu terselip satu nama putra bangsa yang punya peran penting dalam industri komik di AS.

Christiawan Lie merupakan salah satu ilustrator komik 'Transformers' dan 'GI Joe'. Selain itu, dia juga mengerjakan proyek besar lainnya seperti 'Spiderman 4', 'Star Wars', dan 'Lord of The Rings'.

4. Wira Winata

5 Animator Indonesia di Kancah Film Dunia

via projectingindonesia.com

Pria lulusan Nanyang Polytechnic (Singapore) dan Art Centre Collage of Design (Passadena/ CA-US) ini berhasil menyelesaikan film animasinya yang berjudul 'The Little Red Plane' sebagai final project kelulusan di Art Centre.

Kini Wira suskses berdiri dengan perusahaan yang didirikannya bernama Shadedbox yang bekerja sama dengan perusahaan besar lainnya seperti Cartoon Network, The Gotham Group, Buena Vista Games, Sony Computer Entertainment of America, Microsoft, Midway Games, dan Landor.

5. Rini Sugianto

5 Animator Indonesia di Kancah Film Dunia

via voaindonesia.com

Rini adalah satu-satunya wanita Indonesia yang terlibat dalam film 'Hobbit 2: the Desolation of Smaug'. Berawal dari kecintaan terhadap karakter fiksi Tintin, Rini sukses menembus kancah perfilman dunia.

Kreativitasnya tidak hanya gemilang dalam film 'Hobbit 2', ia juga turut berperan penting dalam serial film Tintin. Di film itu, total ada 70 shot yang dikerjakan Rini.

(Feed.id)
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Desain Alat Hemodialisis Portable, Dua Mahasiswa UMY Raih Juara Se-ASEAN
Desain Alat Hemodialisis Portable, Dua Mahasiswa UMY Raih Juara Se-ASEAN
Muhammadiyah Yogyakarta Wearable Artificial Kidney yang kemudian disingkat MY-WAK merupakan desain alat hemodialisis (alat cuci darah) yang bentuknya seperti tas pinggang yang bisa dipakai dan dibawa kemana-mana.
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Saya memang sering ke Maluku Utara, mulai dari Ternate hingga Tobelo dan Morotai, sudah saya singgahi. Namun ada yang belum sempat saya kunjungi, dan dari dulu sangat ingin pergi ke sana. Namanya kepulauan Sula. Kepulauan ini adalah wilayah paling selatan propinsi Maluku Utara, sebuah propinsi yang dulu sering
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Dunia musik Indonesia kembali berduka. Kini, salah satu musisi terbaiknya, legenda jazz Indonesia, berpulang ke Yang Maha Kuasa. Ireng Maulana, dipanggil di usia senjanya, 71 tahun. Meski telah tiada, musisi pemilik nama lengkap Eugene Lodewijk Willem Maulana ini telah menorehkan pencapaian yang luar biasa di bidang musik jazz. Karyanya pun tentu
Startup-startup terbaik Indonesia
Startup-startup terbaik Indonesia
INFOGRAFIS one day ago
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Tak hanya menyiapkan berbagai fasilitas dan acara untuk wisatawan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara telah menyiapkan sebuah tradisi budaya. Mereka akan menyuguhkan tradisi dolo-dolo kepada para wisatawan mancanegara saat Gerhana Matahari Total (GMT) berlangsung.Dolo-dolo merupakan sebuah tradisi budaya yang biasa dilakukan ketika terjadi gerhana matahari atau
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau Towuti di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, menyimpan "buku sejarah" iklim terlengkap di Indonesia. "Buku sejarah" itu berupa lapisan-lapisan sedimen yang berada di dasarnya.