Daftar palung dan lubuk (laut dalam) paling dalam di Indonesia. Indonesia yang negara bahari dan kepulauan memiliki banyak wilayah perairan dan laut. Topografi dasar laut Indonesia beragam dan unik. Termasuk memiliki laut-laut dalam berupa palung (trench) dan lubuk atau basin. Palung dan lubuk adalah dua jenis variasi bentuk topografi laut dengan kedalaman yang sangat dalam.

Dasar laut Indonesia memiliki topografi yang beragam.  Memiliki paparan yang dangkal, lubuk dan palung  yang dalam, gunung api bawah laut, dan sebagainya. Keragaman ini terkait dengan pertemuan dan pergesekan tiga lempeng besar dunia, yakni Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Samudera Hindia ­Australia (Indo­Australia).

Palung (trench) diartikan sebagai bagian dasar laut dalam yang tepiannya terjal dan merupakan laut yang terdalam di dasar laut. Sedangkan lubuk atau basin adalah bagian laut dalam yang dasarnya melebar. Palung dan lubuk kerap disamakan sebagai ‘jurang’ di dasar laut. Yang membedakan antara keduanya adalah konsturnya saja. Palung berbentuk memanjang seperti saluran dengan potongan melintangnya menyerupai huruf “V” sedangkan basin (lubuk) bentuknya membulat dengan potongan melintang menyerupai huruf “U”.

Topografi Dasar Laut

Daftar Palung dan Lubuk di Indonesia

Berikut ini adalah daftar palung (trench) di Indonesia yang diurutkan berdasarkan kedalaman masing-masing.

  1. Palung Mindanao (10.830 meter).

  2. Palung Weber (7.440 meter).

  3. Palung Jawa (7.140 meter).

  4. Palung Buton ( 4.180 meter).

  5. Palung Sangihe (3.850 meter).

  6. Palung Talaud (3.450 meter).

  7. Palung Ternate (3.450 meter).

  8. Palung Timor (3.310 meter).

  9. Palung Makassar (2.540 meter).

Berikutnya, adalah daftar lubuk atau basin di Indonesia yang diurutkan berdasarkan kedalaman masing-masing.

  1. Lubuk Sulawesi (6.220 meter)

  2. Lubuk Banda utara (5.800 meter)

  3. Lubuk Banda Selatan (5.400 meter)

  4. Lubuk Sulu (5.350 meter)

  5. Lubuk Ambalau (5.330 meter)

  6. Lubuk Buru (5.319 meter)

  7. Lubuk Flores (5.130 meter)

  8. Lubuk Bacan (4.810 meter)

  9. Lubuk Manipa (4.360 meter)

  10. Lubuk Gorontalo (4.180 meter)

  11. Lubuk Morotai (3.890 meter)

  12. Lubuk Aru (3.680 meter)

  13. Lubuk Mangole (3.510 meter)

  14. Lubuk Sawu (3.470 meter)

  15. Lubuk Wetar (3.460 meter)

  16. Lubuk Selayar (3.370 meter)

  17. Lubuk Halmahera (2.039 meter)

  18. Lubuk Bali (1.590 meter)

Lubuk Morotai, Palung Ternate, Lubuk Bacan, Lubuk Mangole, Lubuk Gorontalo dikelompokkan sebagai lubuk Maluku. Sedangkan Lubuk Buru, Lubuk Banda utara, Lubuk Banda Selatan, Palung Weber, Lubuk Manipa, Lubuk Ambalau, Lubuk Aru, Palung Buton, Lubuk Flores, Lubuk Sawu, Lubuk Wetar dikelompokkan sebagai lubuk Banda.

Lokasi dari masing-masing lubuk dan palung terdalam di Indonesia tersebut dapat dilihat pada peta berikut ini (klik untuk memperbesar peta).

Lokasi (Peta) Palung dan Lubuk di Indonesia

Dari peta Lokasi Palung dan Lubuk di Indonesia dapat diketahui banyak palung dan lubuk tersebut paling banyak terbentuk di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur. Lokasinya berada diantara dua paparan, yakni Paparan Sunda dan Paparan Sahul.

Alamendah.com
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Anak Bangsa Berhasil Temukan 3 Inovasi Baru Soal Plastik Ramah Lingkungan
Anak Bangsa Berhasil Temukan 3 Inovasi Baru Soal Plastik Ramah Lingkungan
Kampanye kebersihan di Indonesia terus ditingkatkan tidak hanya tentang membuang sampah pada tempatnya, namun juga mulai menghindari penggunaan sampah plastik karena dianggap mencemari lingkungan. Sehingga mendorong anak-anak bangsa melalui komunitas yang peduli, melakukan deklarasi Indonesia bebas sampah 2020 yang dilakukan serentak pada 21 Februari yang lalu. Tidak hanya komunitas yang peduli
Kejadian-kejadian yang akan Mengguncang Pariwisata Dunia di 2016. Satu dari Indonesia
Kejadian-kejadian yang akan Mengguncang Pariwisata Dunia di 2016. Satu dari Indonesia
 Untuk para traveler, tahun 2016 menjanjikan rangkaikan kejadian-kejadian di seluruh dunia yang tak hanya menawarkan alasan sempurna untuk kembali berpetualang, namun juga akan mengubah cara kita berpetualang. Mulai dari Pilpres di AS hingga keriuhan Olimpiade Rio (Brazil), ada beberapa events yang akan membuat petualangan kita patut dikenang dan dirayakan...sampai akhir hayat. Inilah
Sentosa, Pekuburan Tionghoa Terluas di Asia Tenggara
Sentosa, Pekuburan Tionghoa Terluas di Asia Tenggara
Di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, di kota ini di setiap sudutnya selalu ada saja bangunan yang menjadi tempat ibadah penganut Kong Hu Cu ini, selain itu banyak pula ditemukan makam-makam orang Tionghoa yang tersebar di berbagai tempat, salah satu yang terkenal dan paling luas adalah Pemakaman Sentosa.
Hore! Pengamatan GMT Dapat Dukungan Koneksi Internet Kecepatan Tinggi
Hore! Pengamatan GMT Dapat Dukungan Koneksi Internet Kecepatan Tinggi
Gegap gempita pada fenomena alam langka berupa Gerhana Matahari Total (GMT) di Indonesia masih terus memanas. Tidak hanya wisatawan yang berbondong-bondong mempersiapkan diri untuk mengamati fenomena ini namun juga para peneliti dari seluruh dunia termasuk dari Indonesia sendiri. Hal ternyata ini memberikan konsekuensi tersendiri dalam hal infrastruktur. Dipastikan, untuk keperluan pengamatan
Kota-kota Plat AG Bakal Punya Bandara?
Kota-kota Plat AG Bakal Punya Bandara?
Pembangunan insfratruktur transportasi masal terus berkembang di berbagai tempat di Indonesia. Bandara sebagai salah satu aspek penting dalam mobilitas masyarakat dengan waktu tempuh yang singkat menjadi sesuatu yang dipandang penting bagi beberapa kota strategis di Indonesia. Tidak terkecuali bagi wilayah eks Karesidenan Kediri yang direncanakan bakal memiliki bandara baru. Pembangunan bandar
Ini Dia Paguyuban Nama Asep se-Dunia
Ini Dia Paguyuban Nama Asep se-Dunia
Lahirnya Paguyuban Asep Dunia (PAD) ini muncul sejak tahun 2008 melalui jejaring sosial, digagas pertama kali oleh Asep Iwan Gunawan yang penasaran dan kemudian membuat sebuah group : "How Many Asep There Are in Facebook?".