Daftar palung dan lubuk (laut dalam) paling dalam di Indonesia. Indonesia yang negara bahari dan kepulauan memiliki banyak wilayah perairan dan laut. Topografi dasar laut Indonesia beragam dan unik. Termasuk memiliki laut-laut dalam berupa palung (trench) dan lubuk atau basin. Palung dan lubuk adalah dua jenis variasi bentuk topografi laut dengan kedalaman yang sangat dalam.

Dasar laut Indonesia memiliki topografi yang beragam.  Memiliki paparan yang dangkal, lubuk dan palung  yang dalam, gunung api bawah laut, dan sebagainya. Keragaman ini terkait dengan pertemuan dan pergesekan tiga lempeng besar dunia, yakni Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Samudera Hindia ­Australia (Indo­Australia).

Palung (trench) diartikan sebagai bagian dasar laut dalam yang tepiannya terjal dan merupakan laut yang terdalam di dasar laut. Sedangkan lubuk atau basin adalah bagian laut dalam yang dasarnya melebar. Palung dan lubuk kerap disamakan sebagai ‘jurang’ di dasar laut. Yang membedakan antara keduanya adalah konsturnya saja. Palung berbentuk memanjang seperti saluran dengan potongan melintangnya menyerupai huruf “V” sedangkan basin (lubuk) bentuknya membulat dengan potongan melintang menyerupai huruf “U”.

Topografi Dasar Laut

Daftar Palung dan Lubuk di Indonesia

Berikut ini adalah daftar palung (trench) di Indonesia yang diurutkan berdasarkan kedalaman masing-masing.

  1. Palung Mindanao (10.830 meter).

  2. Palung Weber (7.440 meter).

  3. Palung Jawa (7.140 meter).

  4. Palung Buton ( 4.180 meter).

  5. Palung Sangihe (3.850 meter).

  6. Palung Talaud (3.450 meter).

  7. Palung Ternate (3.450 meter).

  8. Palung Timor (3.310 meter).

  9. Palung Makassar (2.540 meter).

Berikutnya, adalah daftar lubuk atau basin di Indonesia yang diurutkan berdasarkan kedalaman masing-masing.

  1. Lubuk Sulawesi (6.220 meter)

  2. Lubuk Banda utara (5.800 meter)

  3. Lubuk Banda Selatan (5.400 meter)

  4. Lubuk Sulu (5.350 meter)

  5. Lubuk Ambalau (5.330 meter)

  6. Lubuk Buru (5.319 meter)

  7. Lubuk Flores (5.130 meter)

  8. Lubuk Bacan (4.810 meter)

  9. Lubuk Manipa (4.360 meter)

  10. Lubuk Gorontalo (4.180 meter)

  11. Lubuk Morotai (3.890 meter)

  12. Lubuk Aru (3.680 meter)

  13. Lubuk Mangole (3.510 meter)

  14. Lubuk Sawu (3.470 meter)

  15. Lubuk Wetar (3.460 meter)

  16. Lubuk Selayar (3.370 meter)

  17. Lubuk Halmahera (2.039 meter)

  18. Lubuk Bali (1.590 meter)

Lubuk Morotai, Palung Ternate, Lubuk Bacan, Lubuk Mangole, Lubuk Gorontalo dikelompokkan sebagai lubuk Maluku. Sedangkan Lubuk Buru, Lubuk Banda utara, Lubuk Banda Selatan, Palung Weber, Lubuk Manipa, Lubuk Ambalau, Lubuk Aru, Palung Buton, Lubuk Flores, Lubuk Sawu, Lubuk Wetar dikelompokkan sebagai lubuk Banda.

Lokasi dari masing-masing lubuk dan palung terdalam di Indonesia tersebut dapat dilihat pada peta berikut ini (klik untuk memperbesar peta).

Lokasi (Peta) Palung dan Lubuk di Indonesia

Dari peta Lokasi Palung dan Lubuk di Indonesia dapat diketahui banyak palung dan lubuk tersebut paling banyak terbentuk di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur. Lokasinya berada diantara dua paparan, yakni Paparan Sunda dan Paparan Sahul.

Alamendah.com
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Desain Alat Hemodialisis Portable, Dua Mahasiswa UMY Raih Juara Se-ASEAN
Desain Alat Hemodialisis Portable, Dua Mahasiswa UMY Raih Juara Se-ASEAN
Muhammadiyah Yogyakarta Wearable Artificial Kidney yang kemudian disingkat MY-WAK merupakan desain alat hemodialisis (alat cuci darah) yang bentuknya seperti tas pinggang yang bisa dipakai dan dibawa kemana-mana.
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Saya memang sering ke Maluku Utara, mulai dari Ternate hingga Tobelo dan Morotai, sudah saya singgahi. Namun ada yang belum sempat saya kunjungi, dan dari dulu sangat ingin pergi ke sana. Namanya kepulauan Sula. Kepulauan ini adalah wilayah paling selatan propinsi Maluku Utara, sebuah propinsi yang dulu sering
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Dunia musik Indonesia kembali berduka. Kini, salah satu musisi terbaiknya, legenda jazz Indonesia, berpulang ke Yang Maha Kuasa. Ireng Maulana, dipanggil di usia senjanya, 71 tahun. Meski telah tiada, musisi pemilik nama lengkap Eugene Lodewijk Willem Maulana ini telah menorehkan pencapaian yang luar biasa di bidang musik jazz. Karyanya pun tentu
Startup-startup terbaik Indonesia
Startup-startup terbaik Indonesia
INFOGRAFIS one day ago
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Tak hanya menyiapkan berbagai fasilitas dan acara untuk wisatawan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara telah menyiapkan sebuah tradisi budaya. Mereka akan menyuguhkan tradisi dolo-dolo kepada para wisatawan mancanegara saat Gerhana Matahari Total (GMT) berlangsung.Dolo-dolo merupakan sebuah tradisi budaya yang biasa dilakukan ketika terjadi gerhana matahari atau
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau Towuti di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, menyimpan "buku sejarah" iklim terlengkap di Indonesia. "Buku sejarah" itu berupa lapisan-lapisan sedimen yang berada di dasarnya.